Monday, April 9, 2012

Tips Membuat Juice Buah

Buah punya beragam manfaat, khususnya untuk meningkatkan daya tahan dan memberi pasokan energi, serta mengandung antioksidan tinggi. Agar nutrisinya terjaga, ada beberapa tips membuat jus buah agar manfaatnya bisa maksimal.
1. Karena harganya yang lebih mahal, buah impor dianggap memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Padahal, buah impor dipetik dalam kondisi setengah matang, dan melewati proses pengiriman yang panjang. Akibatnya, nilai nutrisinya jadi berkurang. Pilih buah lokal yang tak memerlukan waktu terlalu lama  dari proses pemetikan hingga dipasarkan. Pilih yang masak pohon dan berkualitas baik.
2. Tak hanya daging buahnya, namun kulit buah juga mempunya khasiat hebat. Seperti misalnya kulit buah apel yang mengandung antioksidan, serta kulit kiwi yang mengandung vitamin E dan serat tinggi. Namun jika benar-benar perlu dikupas, kupaslah kulit buah dengan setipis mungkin.
3. Buatlah jus sebanyak porsi sajian, jangan  berlebihan. Setelah jus siap, minumlah langsung dan sesegera mungkin. Hal ini untuk menghindari proses oksidasi yang bisa merusak nutrisi yang ada di dalam jus buah. Selain itu, tentunya jus yang baru dibuat rasanya lebih segar.
4. Jus buah  memang lebih baik dikonsumsi sesaat setelah selesai dibuat. Namun bagi orang yang sibuk, membuat jus sekaligus untuk beberapa kali minum dianggap lebih praktis. Jika akan menyimpan, simpanlah di dalam lemari es agar nutrisinya lebih awet. Sebaiknya jangan disimpan terlalu lama.
5. Jika tubuh terasa letih dan lelah, minum jus dari kombinasi beberapa jenis buah bisa jadi alternatif agar bugar kembali. Contohnya racikan jeruk, strawberry dan grapefruit yang mengandung vitamin C tinggi. Bisa juga ditambahkan dengan sayuran segar seperti brokoli, wortel dan  mentimun.

1 komentar:

Marissa Ayu said...

hmm bagaimana klo dicampur susu? waktu nge-jus

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks