Saturday, December 25, 2010

Pembusukan Pada Gigi

Jangan biarkan lubang kecil pada gigi. Pembusukan diawali dengan masalah gigi yang biasanya disepelekan orang. Sebagian orang mengobati masalah lubang pada gigi dengan berbagai cara, tetapi belum tentu masalah tersebut hilang karena dalam mulut terdapat lebih dari 6 milyar mikroba yang berbahaya. Yang perlu dijaga adalah kondisi bakteri tersebut normal.

Bakteri tersebut sebenarnya tidak bermasalah jika jumlahnya seimbang. Tapi, jika tidak harmonis akan muncul gangguan seperti karies (gigi berlubang), penyakit peyangga gigi (periodental) atau infeksi. Karies yang masih kecil dan belum begitu dalam mungkin tidak mengganggu, tetapi jika dibiarkan akan terjadi infeksi/pembusukan. Jika gusi sudah terinfeksi, pembuluh darah yang terbuka karena gusi berdarah menjadi jalan masuk bakteri. Kuman masuk di peredaran darah maka akan mengakibatkan berbagai penyakit.

Macam-macam pembusukan pada gigi:
1. Pembusukan di permukaan yang licin/rata: yaitu jenis pembusukan yang paling bisa dicegah, diperbaiki, dan tumbuhnya paling lambat. Sebuah karies dimulai dengan bintik hitam. Disitu bakteri melarutkan kalsium dari email. Pembusukan jenis ini biasanya mulai pada usia 20-30 tahun.

2. Pembusukan lubang dan lekukan: dimulai pada usia belasan tahun, mengenai gigi tetap dan tumbuhnya cepat. Terbentuk pada gigi belakang, didalam lekukan yang sempit pada permukaan gigi untuk mengunyah, dan bagian gigi yang berhadapan dengan pipi karena di bagian ini sulit untuk dibersihkan.

3. Pembusukan pada akar gigi: Terjadi karena penderita sulit untuk membersihkan daerah pada akar gigi. Biasanya terjadi pada usia pertengahan akhir. Pembusukan akar merupakan jenis pembusukan yang paling sulit dicegah, terjadi pada lapisan gigi yang paling luar dan keras. Tumbuhnya perlahan dan bila menembus ke lapisan kedua (dentin, lebih lunak), pembusukan menyebar cepat dan masuk ke pulpa (lapisan gigi paling dalam yang mengandung saraf dan pembuluh darah).

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks