Pohon Bunga Akar Kuning Pencegah Malaria

Friday, June 25, 2010
Pohon Bunga Cempaka Hutan yang dikenal sebagai pohon bunga akar kuning merupakan sejenis pohon beracun. Getahnya, terutama yang terdapat pada bunga dan tangkai daun mempunyai bahan kimia Allamandia. Suku Dayak sejak dahulu telah memanfaatkan berbagai tanaman liar untuk obat, di antaranya Akar Kuning (Arcangelisia flava), Pasak bumi (Euriycoma longifolia), Tabat barito (Ficus deltoidea), serta berbagai spesies budidaya seperti Jahe (Zingiber officinale), Kunyit (Curcuma domestica), Kencur(Kaempferia galanga), Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) dan Kapulaga (Amomum cardamomum).

Suku Dayak telah turun temurun menggunakan tanaman bunga akar kuning untuk menambah daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Mereka memanfaatkan dengan cara merebus batangnya sampai air rebusan berwarna kuning. Air rebusan itulah yang diminum. Mereka meyakini manfaatnya sangat baik bagi tubuh, antara lain melindungi diri dari serangan penyakit malaria. Terbukti, hingga kini belum pernah terjadi adanya wabah malaria di pedalaman Kalimantan.

Pohon bunga akar kuning banyak tumbuh disekitar hutan tropis di pedalaman Kalimantan. Pohonnya terlihat menjuntai, melingkar antara satu pohon besar dengan pohon besar yang lainnya. Orang yang sedang melewati tempat ini, jika kehausan dan tidak ada air saat perjalanan di dalam hutan pun bisa memanfaatkan akar ini. Dalam sekali tebas, akar yang terpotong akan banyak mengeluarkan air segar. Air rebusan akar ini memang terasa pahit, tetapi khasiat dari minum air akar kuning ini dapat terhindar dari penyakit malaria/kuning. Suku Dayak juga percaya, selain menjaga tubuh dari penyakit yang sifatnya medis, juga menjaga diri dari serangan penyakit non medis seperti santet (parang maya).
Read Full 0 komentar

Daun Ungu Obat Ambeien

Tuesday, June 22, 2010
Daun Ungu (Graptophyllum pictum) termasuk tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias/obat. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segi tiga tumpul. Daun mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadap-hadapan dan mempunyai bunga bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua.

Daun ungu termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat terutama dalan bidang kesehatan. Daun ungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan feaces, dan mengempiskan wasir. Tanaman daun ungu mengandung kandungan kimia antara lain Alkaloid non toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Daun ungu mengandung pektin untuk mengembangkan saluran cerna, sehingga mempermudah defekasi dan tidak menimbulkan luka/peradangan.

Khasiat Daun ungu :
  1. Mengatasi ambeien, dengan konsumsi rutin segelas rebusan daun ungu 2 kali sehari.
  2. Masalah buang air seni tidak lancar, ambil 1-2 genggam daun ungu serta adas pulawaras. Semua bahan itu ditumbuk sampai benar-benar halus. Hasil tumbukan itu dioleskan pada bagian perut.
  3. Masalah haid yang tidak lancar. Caranya, daun ungu dikeringkan dan ambil sekitar tiga sendok. Daun ungu itu kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas saja. Setelah itu disaring dan diminum tiga hari menjelang datang bulan.
  4. Mengobati reumatik/encok. Caranya 1-2 genggam daun ungu ditumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian yang sakit.
  5. Mengatasi sakit bisul. Ambil 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Daun ungu itu kemudian dioleasi minyak kelapa dan panggang di atas api. Dalam keadaan hangat, tempelkan daun ungu itu pada bagian yang sakit.
Begitulah beberapa khasiat daun ungu untuk kesehatan Anda. Tetapi, sebelum meracik daun ungu sebagai obat, sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang memang menguasai bidang pengobatan tradisional. Dengan demikian, kekeliruan dalam pengobatan bisa dihindari.
Read Full 0 komentar

Rumput Mutiara Untuk Kanker

Rumput mutiara atau disebut juga bunga telor, rumput siku-siku, ketapak, urek-urek polo dan pengka, bersifat menghilangkan panas dan toksin (racun), antiradang, diuretik (peluruh air seni), menyembuhkan bisul dan mengaktifkan sirkulasi darah. Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tanaman ini bersifat memiliki rasa manis, sedikit pahit, lembut, netral dan agak dingin.

Rumput mutiara adalah tumbuhan yang rindang berserak, agak lemah, tinggi 15-50 cm, tumbuh subur pada tanah lembab di sisi jalan, pinggir selokan, mempunyai banyak cabang. Batang bersegi, daun berhadapan bersilang, tangkal daun pendek/hampir duduk, panjang daun 2–5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung daun mempunyai rambut yang pendek. Bunga ke luar dari ketiak daun yang bentuknya seperti payung berwarna putih, berupa bunga majemuk, tangkai bunga (induk) keras seperti kawat, panjangnya 5-10 mm. Buahnya mempunyai ujung yang pecah-pecah.

Seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit diantaranya : radang usus buntu, penyumbatan saluran sperma, kanker lymposarcoma, kanker lambung, kanker servics, kanker payudara, kanker rectum, kanker nasofaring, juga dimanfaatkan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas (tanaman segarnya). Disamping itu dapat digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, choleytitis, radang panggul, infeksi saluran kemih, bronkhitis, pneumonia, gondongan, tonsilitis dan parangitis.

Cara menggunakannya:
1. Radang usus buntu dan peritonitis lokal yang ringan.
60 gram rumput mutiara direbus dengan 4 gelas air sampai susut menjadi 2 gelas, diminum setiap hari selama 1 minggu.

2. Sumbatan saluran sperma (Epididymic stasis).
Tanaman 30 gram direbus, minum selama 3-4 minggu, pada kasus-kasus nyeri buah zakar akibat gumpalan. (Saran 3x2 kapsul per hari, banyak minum air)

3. Kanker : lymphosarcoma, Ca-lambung, Ca-cervix, kanker payudara, rectum, fibrosarcoma dan Ca - nasopharynx.
Tanaman 30 - 60 gram direbus, minum. Ditambahkan pada pengobatan konvensional/obat anti neoplastik, baik bersama-sama atau diberikan berseling.

4. Tonsilitis, pharyngitis, bronchitis, pneumonia, gondongan.
Rebus 15 - 60 gram tanaman dengan 4 gelas air menjadi 2gelas, dinginkan, saring, minum.

5. Hepatitis, cholecystitis
Rebus tanaman 15-60 gram tanaman dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas, dinginkan, saring, minum.

6. Penyakit radang panggul, infeksi saluran kemih.
Rebus tanaman 15-60 gram dengan 4 gelas air, susut menjadi 2 gelas, saring dan dinginkan.

7. Memar, pyodermi, gigitan ular, tersiram air panas, tulang patah,terkilir. Lumatkan herba segaruntuk dibubuhkan ke tempat yang sakit.

8. Tersiram air panas. Herba segar secukupnya direbus, untuk cuci.
Read Full 0 komentar

Sembuh Dengan Ikan Gabus

Thursday, June 17, 2010
Ikan gabus/common snakehead dikenal juga dengan nama ikan kutuk, haruan, kocolan, bogo, atau licingan. Selain rasanya yang lezat, ikan gabus juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Kandungan protein albumin yang sangat tinggi, membuat ikan gabus dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan bermacam penyakit, dari kekurangan gizi hingga HIV-AIDS.

Khasiat bila mengkonsumsi ikan gabus:
  1. Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
  2. Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
  3. Mempercepat penyembuhan luka dalam/luar.
  4. Membantu proses penyembuhan pada penyakit: Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
  5. Menghilangkan Pembengkakan.
  6. Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
  7. Membantu penyembuhan Autis.
  8. Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin
Albumin merupakan bagian dari protein yang sangat penting untuk tubuh. Albumin berada di dalam darah dan berfungsi mengatur keseimbangan air dalam sel, memberi gizi pada sel dan mengeluarkan produk buangan. Albumin juga berfungsi mempertahankan pengaturan cairan dalam tubuh. Bila kadar albumin rendah, maka protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal.

Pada anak yang kekurangan albumin atau pada penderita TBC, maka obat yang diminum daya kerjanya kurang maksimal. Sedangkan pada anak yang sedang berada di fase golden age (1-5 tahun), kekurangan albumin sangat mengganggu pertumbuhan otaknya. Semakin sedikit albumin, pertumbuhan sel di otak akan semakin sedikit. Sel yang sedikit membuat anak tumbuh tidak cerdas. Sebenarnya, tubuh memiliki cadangan albumin yang bisa digunakan bila asupan albumin sangat kurang yang berada didalam otot. Namun bila albumin cadangan ini diambil terus-menerus, anak akan mengalami gangguan berat badan. Ia terlihat sangat kurus dan tubuhnya tidak bugar. Tak heran bila anak yang sangat kurus diindikasikan kekurangan albumin di dalam tubuhnya. Bila kadar albumin di dalam tubuh cukup, selain daya tahan tubuh meningkat, proses penyembuhan dari penyakit pun lebih cepat. Bila kelebihan albumin biasanya disimpan di jaringan lemak dan tak akan membahayakan anak.

Beberapa penelitian telah dipublikasikan diantaranya disampaikan oleh seorang guru besar Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang dalam Rapat Senat Terbuka telah melakukan verifikasi antara Human Serum Albumin dengan Fish Albumin Ikan Gabus dan terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka hingga 30% (dari rerata 10 hari menjadi 7 hari). Tidak semua orang suka dengan rasa dan bau amis ikan gabus. Hal ini sudah disiasati dengan cara ikan gabus dibuat ekstrak dalam bentuk bubuk lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Penelitian ini dilakukan oleh seorang ahli gizi dari CFNH (Center for Food, Nutrition, and Health) bersama rekan-rekannya di Universitas Hasanudin, yang berhasil membuktikannya di RS Wahidin Sudiro Husodo Makassar, Sulawesi Selatan. Setelah beberapa kali mengonsumsi ikan gabus, kadar albumin si pasien meningkat sehingga kesehatannya pun membaik lebih cepat.

Tak hanya anak sakit yang kekurangan albumin, anak sehat pun bisa mengalami kekurangan albumin walaupun pada saat itu dia tidak sedang sakit tetapi dapat ditunjukkan dengan tubuh anak yang kurus, tidak terlihat segar, lemah, dan sebagainya. Gejala kurus tidak bisa selalu diindikasikan kalau anak kekurangan albumin. Bisa saja anak tersebut memang punya genetik kurus dari kedua orangtuanya atau penyakit lainnya. Untuk mengetahui maka darah anak tersebut harus diperiksa di laboratorium untuk diketahui kadar protein albuminnya. Tetapi, jangan menunggu sampai anak kekurangan albumin. Kita harus mencegah kejadian tersebut karena sangat mengganggu daya tahan tubuh, juga sistem metabolismenya.

Kita dapat memberikan albumin secara alami kepada anak dengan cara menyediakan lauk ikan gabus dalam menu anak. Apalagi, ikan gabus mudah sekali didapatkan di pasar-pasar.

Read Full 0 komentar

Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh

Wednesday, June 16, 2010
Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu kambing merupakan sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing mempunyai kandungan mineral yang berkhasiat sebagai antiseptik dan pelindung jaringan paru-paru, juga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi.

Susu kambing memiliki protein dan efek laksatif yang rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. Susu kambing bersifat homogen dan lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus, lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainya dan dapat menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi.

Susu kambing memiliki kandungan mineral yang sempurna dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki system jaringan tubuh manusia diantaranya :
  • Mengandung Zincum (Zn) pembentuk system kekebalan tubuh
  • Mineral Alkaline baik untuk penderita Maag Kronis.
  • Zat Flourin serta betakasein baik bagi penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia.
  • Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensial pembentuk Insulin berguna bagi penderita diabetes
  • Cynokobalamin pembentu zat Hb bagi penderita Demam berdarah, Anemia, Thalasemia
  • Kalium (K) berguna bagi penderita Arteriosclerosis, Tekanan Darah Tinggi maupun Darah Rendah
  • Enzim Xanthine Oxydase dan niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel Kanker/Tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi
  • Kandungan Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah Osteoporosis
  • Kandungan MCTnya (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program Dietary dan penyembuhan akibat stroke
  • Kaya dengan lactoglobulin penahan protein penyebab alergi
  • Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit
  • Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuhkembangkan sel otak serta system saraf bagi kecerdasan anak.
  • Riboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migrain
  • Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk system kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HIV
Khasiat susu kambing:
  1. Untuk terapi TBC, membantu memulihkan kondisi orang yang baru sembuh dari sakit, mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.
  2. Untuk meningkatkan kesehatan kulit, terutama bagian wajah.
  3. Kandungan gizi susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu keseimbangan proses metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan tubuh.
  4. Baik bagi wanita dewasa untuk mengembalikan zat besi setelah haid, kekurangan darah (anemia), kehamilan serta pendarahan setelah melahirkan.
  5. Kandungan mineralnya memperlambat proses osteoporosis.
  6. Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung.
  7. Menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit,Saluran nafas dan pencernaan.
  8. Menyembuhkan bermacam-macam penyakit paru-paru,Seperti Astma,TBC,Serta infeksi akut lainya pada paru-paru.
  9. Menyembuhkan beberapa kelainan ginjal,Sperti Nepbrotic Syndrom infeksi-infeksi Ginjal serta asam urat tinggi.
  10. Kandungan kalsium (Ca)yang tinggi dapat membantu menyembuhkan rematik dan mencegah kerapuhan tulang.
  11. Menambah Vitalitas dan daya tahan tubuh.
  12. Mengatasi masalah impotensi dan gairah seksual,Baik bagi pria maupun wanita.
  13. Berdasarkan beberapa penelitian di amerika,Susu kambing terbukti mempunyai efek anti kanker
  14. Bergizi tinggi dan mudah diserap tubuh.
  15. Kaya dengan protein, enzim dan Vitamin A.
  16. Menambah vitalitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  17. Membantu menyembuhkan penyakit-penyakit berikut:TBC, Bronchitis, Asma (Gangguan Pernapasan), Alergi pada kulit, saluran pernapasan dan percernaan, Asam Urat dan Rheumatik, Diabetes Melitus, Anemia, Kudis, Talasemia, Maag Kronis.
  18. Mengatasi Impotensi dan gairah seksual.
  19. Mempunyai efek anti kangker.
  20. Meningkatkan kecerdasan anak.
  21. Mencegah terjadinya Osteoporosis.
  22. Sangat baik untuk bayi sebagai penganti ASI.
  23. Sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.
  24. Mengontrol kadar lemak di bawah kulit.
Cara penyimpanan susu kambing
Agar Susu Murni dapat bertahan lama hingga 2-3 minggu mulai dari tanggal pengiriman, susu kambing harus dalam keadaan beku yang disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu -8 Derajat Celcius.

Aturan minum susu kambing
  1. Hangat, secara berulang ulang hingga susu terasa hangat kuku.
  2. Dingin, Susu dibiarkan dalam suhu ruang selama 30 menit selanjutnya susu diremas hingga hancur, kemudian dituangkan ke dalam gelas.
  3. Di minum segar, Susu kambing dapat pula dicampur dengan sari kacang hijau, madu, minuman bersoda, alpukat, jahe dan lain lain dengan cara diaduk atau diblender.
  4. Tidak dianjurkan: susu kambing murni tidak dianjurkan dimasak hingga mendidih diatas kompor karena dapat merusak kandungan vitamin dan flourine dalam susu.
Read Full 1 komentar

Khasiat Buah Bengkuang

Tuesday, June 15, 2010
Bengkuang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai campuran dari rujak/asinan atau dijadikan sebagai masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae.

Bengkuang merupakan tanaman terna yang merambat dan dibudidayakan untuk diambil umbinya. Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk gasing, dan kulitnya mudah dikupas. Bengkuang memiliki khasiat sebagai obat, antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan dan wasir. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah akar atau umbi, biji, dan tangkai.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis tanaman bengkuang adalah manis, dingin, sejuk, dan berkhasiat mendinginkan. Kandungan kimianya adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1, dan vitamin C. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin.

Khasiat dari bengkuang:
  1. Bengkuang digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, bengkuang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
  2. Sebagai obat demam, umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
  3. Mengatasi eksim, umbi bengkuang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
  4. Sebagai obat sariawan, umbi bengkuang dikupas lalu tambahkan air dan madu secukupnya lalu dijus dan diminum.
  5. Mengatasi wasir, satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.
  6. Mengatasi penyakit kulit, biji bengkuang, dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  7. Sebagai obat diabetes, satu atau dua bengkuang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
Read Full 0 komentar

Menghilangkan Racun/Detoksifikasi

Saturday, June 12, 2010
Tubuh kita bukanlah mesin, maka perlakukanlah dengan sebaik mungkin supaya terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari. Termasuk pola makan yang tidak sehat dan aktivitas yang berlebihan seiring waktu akan menciptakan efek lanjutan. Efek ini akan menumpuk dan muncul dalam berbagai bentuk mulai dari infeksi, gangguan kulit, sakit kepala, gangguan pencernaan hingga kondisi serius seperti gangguan lambung, kanker dan penyakit jantung. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa mencoba detoksifikasi. Detoksifikasi memberikan kesempatan pada tubuh untuk memperbaiki, membersihkan dan mengembalikan keseimbangan seluruh sistem.

Tanda-tanda hati bermasalah :
  1. Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi.
  2. Lingkaran hitam di bawah mata, mata merah dan gatal dan berair (bukan disebabkan oleh alergi atau kelilipan), ruam kulit berwarna coklat “liver spot”, lidah berlapis, napas bau (bukan karena gigi busuk).
  3. Kegemukan pada perut (tampak seperti wanita hamil).
  4. Tidak bisa menurunkan berat badan.
  5. Pembengkakan pada perut.
  6. Masalah pada kandung kemih.
Resep I (minum pagi atau sore)
  • 1 lobak merah dengan pucuknya,
  • 2 wortel sedang,
  • ½ gelas peterseli cincang,
  • 1 siung bawang putih,
  • 1 siung bawang merah,
  • ½ akar bit kecil,
  • 2 daun terluar kubis yang berwarna hijau tua atau
  • 2 daun dandelion/jombang (taraxacum).
  • (jika lobak merah tidak ada dapat diganti dengan
  • 2-3 brussel sprout atau brokoli 1-2 ons).
Resep II (minum pagi)
1 buah jeruk (bali/madiun/nambangan) dikupas kulit hijau dan buang biji kemudian dibuat jus.
Ampas jus dapat diblender dicampur air R.O dengan blender saringan kemudian dicampur dengan jusnya.

Menghilangkan racun dalam tubuh dengan cara:
1. Hari ke 1 sampai 3
  • 04.30-05.30, minum banyak air putih sejuk sampai kencing.
  • 06.00 minum perasan 1 buah jeruk nipis tanpa campuran apapun.
  • 07.00 Air putih sejuk.
  • 08.00 Blender papaya (campur jeruk siam/kino/lokam; semua serat dari kantung jeruk dimasukkan)
  • 09.00 Air putih sejuk.
  • 10.00 blender nanas .
  • 11.00 Air putih sejuk.
  • 12.00 Jus wortel.
  • 13.00 Air putih sejuk.
  • 14.00 Jus brokoli ( campur dengan wortel atau mentimun 1:1).
  • 15.00 Air putih sejuk.
  • 16.00 Jus semangka dengan kulit putihnya.
  • 17.00 Air putih sejuk.
  • 18.00 blender papaya+ apel atau nanas + apel.
  • 19.00 Air putih sejuk.
  • 20.00 Persipan tidur
  • 21.00 Tidur
  • 22.00 Pulas
  • 04.30 Bangun dan minum air putih sejuk.

2. Hari ke 4 sampai 21
  • 04.30-05.30 minum air putih sejuk sampai kencing.
  • 06.00 perasan jeruk nipis tanpa campuran.
  • 07.00 Air putih sejuk.
  • 08.00 Jus campuran papaya+apel/ papaya+ nanas/apel+nanas/papaya+apel+nanas.
  • 09.00 Air putih sejuk.
  • 10.00 1- 2 gelas potongan buah segar ( pilih satu : apel, papaya, nanas, jeruk bali/madiun, pir, semangka, melon, pisang, alpokat, mangga).
  • 11.00 Air putih sejuk.
  • 12.00 Makan siang : nasi brown rice 3-5 sendok makan (3/4 gelas) + 1 porsi salad segar (campuran wotel parut, mentimun, kecambah k.hijau/kedele, selada, buncis, k,panjang, paprika, kubis, brokoli; pilih 3-4 macam saja.) Salad dressing : campuran 1sdk makan minyak zaitun(Virgin Olive Oil) + perasan jeruk nipis 1-3 buah.
  • 13.00 Air putih sejuk.
  • 14.00 1 gelas blender buah ( pilih : apel, nanas, papaya, semangka).
  • 15.00 Air putih sejuk.
  • 16.00 1-2 gelas potongan buah segar (apel, pir, anggur, jeruk)
  • 18.00-19.00 Makan malam : 1 posi kaldu
  • sayuran dengan tahu atau tempe.
  • 1 porsi sayuran kukus (pilih 1-2 :
  • brokoli,blumkol, wortel, buncis, bit,
  • k.panjang, sayuran daun)
catatan :
1. Air putih diminum apabila perlu atau saat terasa sangat lapar.
Jeruk nipis setiap hari di tambah satu buah sesuai dengan kesanggupan seseorang, dan menurun menjadi satu kembali pada hari
ke-21.

2. Buah lebih baik diblender untuk mendapatkan seratnya. Campuran buah sekali makan 1-3 macam saja.

3. Nanas, mangga, jeruk tidak boleh dicampur. Mangga dibatasi hanya 1 buah saja setiap hari.

4. Bagi penderita diabetes, kegemukan trigliserida tinggi dan kolesterol tinggi, darah tinggi, jantung, buah-buahan berikut sebaiknya dihindari : duren, mangga manis, nangka, manggis, lengkeng, leci, sawo.Bagi penderita ganguan hati, buah anggur sebaiknya tidak dikonsumsi.

Read Full 0 komentar

Sembuhkan Virus Flu Singapura Dengan Degan Hijau

Wednesday, June 9, 2010
Virus Flu Singapura sebenarnya adalah penyakit yang di dunia kedokteran dikenal sebagai Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan dan Mulut ( KTM ) yaitu suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ), Genus Enterovirus (non Polio).

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas, dan menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 10 tahun. Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus. Penularan melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, pilek, air liur (oro-oro), tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu.

Tanda-tanda terkena virus flu Singapura
  1. Demam, tetapi suhu badan tidak tinggi (2-3 hari)
  2. Sakit leher (pharingitis)
  3. Tidak ada nafsu makan
  4. Pilek
  5. Terdapat 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan ( lidah, gusi, pipi sebelah dalam ) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan.
  6. Timbulnya rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil dan rata)
  7. Adanya papulovesikel yang tidak gatal di telapak tangan dan kaki.
  8. Bila ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita tersebut harus dirawat.
  9. Jika menyerang di bagian tangan, wajah atau kaki, maka di bagian tersebut timbul kemerah-merahan yang lama-lama mengandung nanah/darah putih
Pengalaman yang terjadi pada keluarga saya adalah pada saat anak pertama saya terkena virus ini yang menyerang dibagian mulutnya (sariawan penuh), saya langsung membawanya ke dokter umum. Dari dokter, anak saya diberi resep obat yang salah satunya adalah antibiotik. Tetapi, pada esok harinya setelah pemberian antibiotik maka sariawan yang ada di mulut malah bertambah banyak dan bahkan mulutnya tidak bisa dipakai untuk mengunyah makanan.

Pada hari ketiga, saya kembali membawa anak saya tersebut ke dokter, dari dokter diberi resep obat anti nyeri. Tetapi, sariawan yang ada di mulut makin bertambah dan jika terasa nyeri setelah diberi obat nyeri akan hilang rasa nyerinya. Saya sharing ke temen-temen, mungkin ada yang mengetahui tentang penyakit tersebut. Alhasil, ada yang memberitahu jika obat untuk penyakit tersebut adalah degan ijo dicampur madu. Siang itu juga saya langsung membeli buah degan ijo, dan langsung saya minumkan 1 gelas penuh dicampur madu ke anak saya tersebut.

Alhamdulilah pada sore harinya, mulutnya mulai agak membuka dan rasa nyerinya sedikit hilang. Selama satu minggu penuh saya berikan satu gelas degan ijo dicampur madu sebagai obat kepada anak saya, dan hasilnya sariawan dimulutnya sudah sembuh dan badan sudah sehat kembali. Terimakasih kepada teman-teman yang sudah berbagi pengalaman tentang virus flu singapur ini.

*Degan Ijo = Degan Wulung = Kelapa Muda Hijau yang biasanya digunakan untuk obat darurat bagi yang keracunan.

Artikel selengkapnya: untukinfo.wordpress.com
semoga bermanfaat.
Read Full 0 komentar

Manfaat Wortel Bagi Tubuh Kita

Friday, June 4, 2010
Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang, mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel/carrot termasuk tumbuhan sayur dalam famili Apiaceae, termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), dan mirip dengan daun seledri.

Jenis-jenis wortel:
  1. Jenis imperator, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.
  2. Jenis chantenang, yaitu wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis.
  3. Jenis mantes, yaitu wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.
Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan beta karoten. Wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi wortel 15.000 - 25.000 IU perhari, karena kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, bersifat antioksidan yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu, beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Wortel bagi kesehatan:
  1. Mengatasi hipertensi: Ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang dan diblender. Saring dan minum airnya 3 kali dalam sehari.
  2. Mengatasi luka bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
  3. Mengatasi nyeri haid: 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air dan diblender. Minum 2 kali dalam sehari.
  4. Menghaluskan wajah: Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker sampai kering, lalu dibilas dengan air bersih.
  5. Mengatasi sembelit: Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
  6. Mengatasi demam pada anak: Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
  7. Menyembuhkan batuk: Ambil 1 wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.
Beta karoten dalam wortel juga baik untuk kesehatan mata, karena dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang disebut vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalium dan vitamin C.

Wortel juga dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus wortel. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi. Jus wortel cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Dengan minum jus wortel, gangguan sakit-sakit di usia tua dapat berkurang dan mungkin akan sembuh.
Read Full 0 komentar

Selada Daun & Manfaatnya

Thursday, June 3, 2010
Selada daun termasuk famili Asteraceae dan genus Lactuca. Selama ini banyak orang menganggap bahwa selada daun sama dengan selada air, padahal selada air berasal dari famili yang berbeda. Selada daun memiliki daun berwarna hijau segar, tepinya bergerigi atau berombak, dan lebih enak dimakan mentah.

Tanaman selada (Lactuca sativa) berasal dari Asia Barat, berawal dari kawasan Asia Barat dan Amerika, tanaman ini kemudian meluas ke berbagai negara. Dalam perkembangan selanjutnya, pembudidayaan selada meluas ke negara-negara yang beriklim sedang maupun panas. Beberapa negara telah mengembangkan dan menciptakan varietas unggulan, seperti di Jepang, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Belanda.

Selada merupakan salah satu contoh sayuran yang biasa digunakan sebagai penyusun salad dan banyak dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Meskipun lebih nikmat dan mempunyai nilai gizi yang baik, konsumsi selada mentah sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri patogen. Hasil penelitian Lund et al (2000) menyebutkan, pada selada ditemukan bakteri Salmonella. Bakteri patogen tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan gastroenteritis. Salmonella penyebab gastroenteritis ditandai oleh gejala-gejala yang umumnya tampak pada 12-36 jam setelah mengkonsumsi bahan pangan yang tercemar. Gejala-gejala tersebut adalah diare, sakit kepala, muntah-muntah, dan demam yang dapat berakhir selama 1-7 hari.

Sebelum diolah/konsumsi, selada sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin. Sebelum disimpan, selada harus dikeringkan terlebih dahulu untuk mencegah pertumbuhan mikroba. Lebih baik lagi jika selada dibungkus dengan plastik untuk mencegah kontaminasi. Penyimpanan selada sebaiknya tidak terlalu dekat dengan buah-buahan yang dapat memproduksi etilen seperti apel, pisang, dan buah pir, agar tidak mudah busuk. Lama penyimpanan selada tergantung jenisnya. Sebaiknya makanan yang telah melalui proses pemasakan langsung dikonsumsi. Sebagian besar kasus food borne disease (penyakit yang berasal dari makanan) di Indonesia diakibatkan oleh penanganan sesudah pemasakan yang tidak sempurna, seperti penyimpanan yang terlalu lama.

Selada kaya akan kandungan vitamin A, C, E, betakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Selada juga mengandung komponen gizi yang cukup baik, terutama vitamin A dan vitamin K. Kandungan gizi tiap jenis selada berbeda-beda. Kandungan vitamin A paling banyak terdapat pada selada yang berwarna merah.

Manfaat selada daun bagi tubuh:
  1. Menghilangkan gangguan anemia
  2. Membantu proses penyembuhan bagi para penderita yang mengalami stroke dan jantung
  3. Menghilangkan gejala insomnia
  4. Mengurangi resiko terkena penyakit katarak
  5. Membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ-organ disekitar hati
  6. Membantu pembentukan sel darah putih dan sel darah merah
  7. Mengurangi resiko terjadinya kanker dan tumor
Tips memilih selada daun yang baik:
  1. Pilihlah daun selada yang masih berwarna hijau dan segar, sebaiknya daun selada jangan sampai tersobek agar kandungan didalamnya tidak cepat menguap keluar/hilang
  2. Sebelum dimakan, cucilah daun selada dengan air bersih yang mengalir agar bakteri dan residu pestisida yang masih menempel ikut terbuang bersamaan dengan aliran air.
Read Full 0 komentar

Tubuh Sehat Dan Bebas Racun

Tanpa disadari makanan yang kita makan sehari-hari banyak mengandung bahan pengawet, penyedap buatan, pestisida dan zat pewarna. Ketika kita memakannya, racun yang terkandung ikut termakan dan mengendap dalam tubuh. Racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dan kulit. Biasanya penyebab utamanya adalah kualitas udara yang tercemar polusi kimia seperti asap kendaraan bermotor, rokok dan asap industri.

Racun yang dibiarkan menumpuk didalam tubuh dan tidak segera dihilangkan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, pembuluh darah sampai jantung. Jika sudah demikian, penyakit-penyakit berat akan timbul. Beberapa penyakit yang diakibatkan menumpuknya racun, antara lain alergi, radang sendi, obesitas, diabetes, aterosklerosis, masalah pencernaan, pengerasan hati, gangguan ginjal, kanker dan jantung.

Tubuh kita memiliki mekanisme yang mampu menetralisir dan membuang racun yang masuk, yaitu hati dan ginjal. Akibat banyaknya racun didalam tubuh dapat membuat organ tubuh tidak bekerja secara optimal. Karena itu, diperlukan usaha lain dalam membuang racun (yang disebut detoksifikasi).

Cara-cara mendetoksifikasi tubuh :
  1. Puasa : Merupakan cara alami yang cukup efektif membuang racun yang menempel di organ tubuh. Tidak adanya makanan yang masuk membuat sistem pencernaan beristirahat sejenak untuk melakukan regerasi sel.
  2. Kurangi asupan beracun : Jika belum mampu menghindari, sebaiknya kurangi makanan berlemak jenuh dan lemak trans, minuman alkohol, daging, kafein, gula dan garam. Dengan begitu, cara kerja ginjal menjadi lebih ringan.
  3. Makan buah-buahan dan sayur : Rajin mengkonsumsi semua buah dan sayur beragam warna, misalnya pepaya, nanas, apel, melon, anggur, tomat, wortel, brokoli, selada dan lain-lain. Buah dan sayuran tersebut kaya antioksidan yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh.
  4. Minum suplemen : Suplemen herbal yang mengandung vitamin dan mineral dapat digunakan untuk membersihkan racun dalam tubuh, yang penting suplemen tersebut berasal dari sumber alami.
Read Full 0 komentar
 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks