About Asthma (Indication And Classification)

Saturday, March 27, 2010
Asma/sesak nafas bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan keadaan dimana seseorang mengalami penyempitan pada pembuluh tenggorokan. Asma bisa terjadi pada siapa saja, mulai yang berusia muda sampai usia tua. Asma adalah suatu kondisi di mana jalan udara dalam paru-paru meradang hingga lebih sensitif terhadap faktor khusus (pemicu) yang menyebabkan jalan udara menyempit hingga aliran udara berkurang dan mengakibatkan sesak napas dan bunyi napas mengikik.

Pada saat terjadi serangan asma, otot polos dari bronkial mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga untuk dapat bernafas.

Faktor yang menyebabkan seseorang terkena Asma:
1. Karena alergi terhadap asap, debu, bau menyengat.
2. Terserang flu/pilek dan Virus yang mengakibatkan nafasnya tidak lancar.
3. Cuaca, stres dan emosi
4. Serbuk sari, bulu hewan (kucing, kuda) merupakan pemicu yang mudah dikenali.

Gejala-gejala terjadinya Asma:
  1. Napas mengikik: Dengan atau tanpa sesak napas, napas yang mengikik dapat muncul jika ada pemicu atau karena sebab lain.
  2. Sesak napas: Sering disertai napas mengikik dan batuk, tapi dapat juga muncul sendiri
  3. Batuk: Batuk dengan lendir atau batuk kering merupakan tanda asma.
  4. Sesak dada: Gejala asma ini dapat rancu dengan gangguan jantung pada orang yang lebih tua.
Cara kita menghindari dari Asma agar tidak kambuh:
  1. Hindari dari merokok.
  2. Hindari pilek sedapat mungkin.
  3. Hindari terkena alergi.
  4. Buat rencana mengotrol diri sendiri dengan bantuan dokter.
  5. Informasikan pada guru tentang asma anak anda dan adanya persediaan inhaler sewaktu-waktu.
  6. Hindari tempat di mana ada pemicu asma.
Klasifikasi asma berdasarkan frekuensi munculnya:
  1. Intermitten, yaitu sering tanpa gejala atau munculnya kurang dari 1 kali dalam seminggu dan gejala asma malam kurang dari 2 kali dalam sebulan. Jika seperti itu yang terjadi, berarti faal (fungsi) paru masih baik.
  2. Persisten ringan, yaitu gejala asma lebih dari 1 kali dalam seminggu dan serangannya sampai mengganggu aktivitas, termasuk tidur. Gejala asma malam lebih dari 2 kali dalam sebulan. Semua ini membuat faal paru relatif menurun.
  3. Persisten sedang, yaitu gejala asma terjadi setiap hari dan serangan sudah mengganggu aktivitas, serta terjadinya 1-2 kali seminggu. Gejala asma malam lebih dari 1 kali dalam seminggu. Faal paru menurun.
  4. Persisten berat, gejala asma terjadi terus-menerus dan serangan sering terjadi. Gejala asma malam terjadi hampir setiap malam. Akibatnya faal paru sangat menurun.
Gejala awal pada anak-anak berupa rasa gatal didada/leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala. Selama terserang asma, sesak nafas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas dan penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat. Pada serangan yang sangat berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya semakin berat. Tetapi meskipun telah mengalami serangan yang berat, biasanya penderita akan sembuh sempurna. Serangan Asma dikatakan mengancam jiwa jika kesadaran penderita sudah menurun dengan napasnya yang pendek dan bibir serta kuku penderita tampak kebiruan.

Pengelompokkan Asma berdasarkan berat ringannya gejala:
1. Serangan asma akut ringan, dengan gejala:
- Rasa berat di dada,
- Batuk kering ataupun berdahak,
- Gangguan tidur malam karena batuk atau sesak napas,
- Bunyi mengi tidak ada/ringan.

2. Serangan Asma akut sedang, dengan gejala:
- Sesak dengan bunyi mengi agak nyaring,
- Batuk kering/berdahak,
- Aktivitas terganggu.

3. Serangan Asma akut berat, dengan gejala:
- Sesak sekali,
- Sukar berbicara dan kalimat terputus-putus,
- Tidak bisa berbaring, posisi mesti 1/2 duduk agar dapat bernapas.
Read Full 1 komentar

Cave Bat For Health

Thursday, March 25, 2010
Indonesia memiliki 200 jenis Cave Bat/kelelawar atau 20% dari jumlah jenis kelelawar yang ada di dunia. Yang terdiri dari jenis kelelawar berukuran kecil hingga kelelawar yang berukuran besar, dan dari kelelawar pemakan serangga hingga pemakan buah-buahan dan nektar. Kelelawar merupakan satu-satunya jenis hewan mamalia yang dapat terbang dengan menggunakan sayapnya. Kelelawar aktif mencari makan dan terbang hanya pada waktu malam hari dikarenakan kelelawar sangat sensitif terhadap dehidrasi (kekurangan air). Bila siang hari ia tidur dengan bergelantung terbalik. Habitat (tempat tinggalnya) biasanya di gua-gua, alam terbuka, atau dipepohonan.

Klasifikasi dari kelelawar :
1. Pteropodidae (kalong)
2. Emballonuridae (Kelelawar ekor-trubus)
3. Megadermatidae (Vampir palsu)
4. Nycteridae (Kelelawar muka-cekung)
5. Rhinolophidae (Kelelawar-ladam)
6. Hipposideridae (Barong)
7. Vespertilionidae (Kelelawar biasa)
8. Molossidae (Kelelawar bibir-keriput)

Khasiat Cave Bat:
1. Hati dan daging Kelelawar
Diyakini bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan penyakit asma. Karena Kelelawar memiliki senyawa Kitotefin yang berfungsi untuk menstabilkan membran sel mastosit didalam tubuh. Penyakit Asma yang terjadi karena alergi bisa dicegah dengan adanya daging bersenyawa kitotefin itu di dalam tubuh. Sebab daging tersebut merangsang terbentuknya antibodi pada tubuh. Yang perlu diperhatikan mungkin hanya masalah pengolahan daging sebelum dimakan. Sebab kalau sembarangan mengolah bisa mengakibatkan hilangnya kadar kitotefin yang ada. Jadi disarankan tidak mengolah daging dalam kondisi terlalu panas. Suhu yang disarankan untuk memasak daging ini, jangan sampai melebihi 150 derajat Celcius.

2. Air liur Kelelawar
Senyawa kimia yang ada di air liur (saliva pada kelelawar jenis vampir) ternyata bisa memecahkan bekuan darah (blood clot). Senyawa kimia yang dimaksud sebenarnya berupa enzim bernama Desmoteplase (DSPA). Fungsi enzim ini untuk mengencerkan darah pada penderita Stroke. Seperti diketahui, otak manusia memerlukan 20 persen dari jumlah darah yang mengalir di dalam tubuh. Bila aliran darah ke otak terhambat dalam beberapa detik saja, sel-sel otak akan rusak atau mati. Dengan demikian, beberapa bagian otak pun jadi ikut rusak. Proses inilah yang disebut stroke.
Read Full 0 komentar

Nyeri Karena Haid (Dismenore)

Wednesday, March 24, 2010
Secara periodik setiap bulan, seorang wanita normal akan mengalami peristiwa reproduksi, yaitu menstruasi. Menstruasi adalah meluruhnya jaringan endometrium karena tidak adanya telur matang yang dibuahi oleh sperma. Walaupun pada kenyataannya banyak wanita yang mengalami masalah menstruasi, di antaranya adalah nyeri haid. Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat.

Penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, bisa karena suatu proses penyakit (misalnya radang panggul), tumor atau kelainan letak uterus, selaput dara atau vagina tidak berlubang, dan stres atau kecemasan yang berlebihan. Tetapi penyebab yang sering terjadi diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi.

Berdasarkan jenis nyeri, nyeri haid dapat dibagi menjadi :
  1. Dismenore spasmodik: Sakit terasa dibagian bawah perut dan berawal sebelum masa haid atau segera setelah masa haid mulai. Dismenore spasmodik dapat diobati atau paling tidak berkurang dengan lahirnya bayi pertama walaupun banyak pula wanita yang tidak mengalami hal seperti itu.
  2. Dismenore kongestif: Ditandai dengan rasa pegal, sakit pada buah dada, perut kembung, sakit kepala, sakit punggung, pegal pada paha, merasa lelah atau sulit dipahami, mudah tersinggung, kehilangan keseimbangan, menjadi ceroboh, terganggu tidur, atau muncul memar di paha dan lengan atas. Proses menstruasi mungkin tidak terlalu menimbulkan nyeri jika sudah berlangsung. Bahkan setelah hari pertama masa haid, orang yang menderita dismenore kongestif akan merasa lebih baik.
Nyeri haid berdasarkan ada tidaknya kelainan atau sebab dibedakan menjadi:
  1. Dismenore primer: Dinamakan dismenore primer karena rasa nyeri timbul tanpa ada sebab yang dapat dikenali. Nyeri haid primer selalu hilang setelah wanita itu melahirkan anak pertama, sehingga diperkirakan bahwa rahim yang agak kecil dari wanita yang belum pernah melahirkan menjadi penyebabnya, tetapi belum pernah ada bukti dari teori itu.
  2. Dismenore sekunder: Nyeri haid sekunder dapat disebabkan karena Rahim yang terbalik sehingga membuat darah haid tidak mudah dikeluarkan (tetapi penyebab itu lebih jarang daripada yang diperkirakan sebelumnya), Benjolan besar atau kecil di rahim dapat menimbulkan keluhan perdarahan yang banyak atau sering disertai gumpalan darah, Peradangan selaput lendir rahim yang terjadi sesudah persalinan atau keguguran dan peradangan dapat pula terjadi akibat penyakit kelamin yang dilalaikan, Pemakaian spiral, Pertumbuhan jaringan lapisan rahim di tempat lain di dalam ruang panggul, Fibroid atau tumor.
Beberapa cara yang dapat menghilangkan atau minimal mengurangi nyeri haid antara lain:
  1. Obat-obatan.
  2. Relaksasi.
  3. Hipnoterapi.
  4. Kompres dengan air hangat, olah raga teratur, terapi visualisasi, aroma terapi, pemijatan, dan lain-lain.
Nyeri haid yang baru timbul 1 tahun atau lebih sesudah haid pertama dapat dengan mudah ditemukan penyebabnya melalui pemeriksaan yang sederhana. Jika pada usia 40 tahun ke atas timbul gejala nyeri haid yang tidak pernah dialami, penting sekali baginya untuk memeriksakan diri. Bila rasa nyeri masih belum reda, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.
Read Full 0 komentar

Epistaxis Atau Mimisan

Tuesday, March 23, 2010
Epistaxis atau mimisan/hidung berdarah adalah suatu keadaan dimana hidung mengalami pendarahan yang darahnya keluar melalui lubang hidung. Mimisan kadang terjadi pada anak tanpa ada kelainan pada hidung atau penyakit darah. Tiba-tiba saja anak mengalami mimisan, terutama bila udara panas, terkena panas matahari dan lain-lain. Darah akan berhenti setelah ditekan pada cuping hidung. Untuk kasus mimisan seperti ini akupunktur memberi efek penyembuhan yang baik.

Mengapa Epistaxis/Mimisan terjadi :
  1. Menderita demam : Demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, sehingga tubuh terasa panas dan hal itu dapat menyebabkan selaput lendir hidung mengering. Keringnya selaput lendir hidung tersebut menyebabkan pembuluh darah dihidung mudah pecah.
  2. Infeksi lokal saluran hidung
  3. Luka akibat kecelakaan atau terbentur dengan benda keras, dipukul dan dihantam yang mengenai hidung
  4. Mengorek-ngorek lubang hidung, sehingga menyebabkan selaput lendir di hidung pecah.
  5. Peradangan pada hidung yang menyebabkan pembuluh darah mudah pecah.
  6. Infeksi seperti pilek juga menyebabkan pembuluh darah di hidung cenderung lebih rapuh.
  7. Pendarahan bisa juga terjadi karena tekanan darah tinggi.
  8. Akibat trauma atau terbentur benda-benda keras dihidung.
  9. Lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil.
Faktor yang menyebabkan seseorang menderita Epistaxis/mimisan :
  1. Karena faktor organik atau adanya kelainan organ : yaitu kelainan organ bawaan terlihat sejak usia dini (biasanya terjadi pada usia balita atau anak usia aktif), anak dipastikan sering mengalami mimisan. Sewaktu anak mengalami stres, saat sedang beraktivitas atau pada saat teriritasi maka anak tersebut akan mengalami mimisan.
  2. Adanya gangguan medik atau pembekuan darah : yaitu saat sedang beraktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan faktor pemeliharaan pembekuan darah, contohnya pada kasus demam berdarah trombosit menjadi rendah karena dimakan oleh virus. Setelah virus bereaksi menutup luka, maka akan timbul faktor yang kedua, yaitu pembekuan darah.
Bagaiman cara kita untuk mencegah terjadinya mimisan:
  1. Jangan mengorek atau memasukkan sesuatu ke dalam lubang hidung.
  2. Bersin dengan mulut terbuka
  3. Saat demam dan suhu tubuh meningkat, kompres untuk menormalkan suhu tubuh. Sebab suhu tubuh yang meningkat dapat menyebabkan selaput lendir hidung mengering dan mempermudah pecahnya pembuluh darah yang menimbulkan mimisan
  4. Menggunakan pelembab udara jika tinggal di daerah panas.
Yang dapat kita lakukan jika terjadi mimisan:
  1. Posisi duduk, kepala ditundukkan jauh ke depan. Kepala jangan sampai terangkat karena darah dapat mengalir ke belakang tenggorokan dan pasien bisa muntah.
  2. Bernapas dari mulut (ini juga memberi efek menenangkan) dan tekan batang hidungnya.
  3. Jangan diajak berbicara, menelan, meludah, batuk, maupun bersin karena bisa mengganggu proses pembekuan darah.
  4. Berikan lap yang bersih atau tisu untuk membersihkan darah.
Tumbuhan obat yang dapat menghentikan pendarahan mimisan:
1. Satu lembar daun sirih yang agak muda dilumatkan, kemudian digulung untuk menyumbat hidung yang berdarah.
2. Akar alang-alang segar dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa kira-kira 200 cc, kemudian disaring dan diminum setelah dingin.
3. Bunga jengger ayam + daun urang aring masing-masing 15 gram, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
4. 200 gram akar teratai dibuat jus, airnya diteteskan ke hidung sekitar 2-3 tetes, dan sisanya diminum.

Sarankan pada yang mengalami pendarahan mimisan untuk beristirahat dengan tenang selama beberapa jam dan jangan mengembus dari hidung supaya proses pembekuan darah tidak terganggu. Mimisan dengan pendarahan yang hebat dan sulit dihentikan, harus tetap konsultasi ke dokter.

Read Full 0 komentar

Healthy With Nutmeg (Buah Pala)

Friday, March 19, 2010
Pohon pala (Myristica fragrans) banyak ditanam di kebun-kebun, terutama di kepulauan Banda, Maluku. Tanaman pala berbentuk pohon yang tingginya bisa mencapai belasan meter. Pada musim berbuah, pohon ini akan muncul bunga disetiap ujung ranting dan menjadi buah bergerombol berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya tebal berwarna keputihan, buah ini berasa getir dan mengandung banyak getah. Pohon Pala dapat tumbuh pada iklim dengan curah hujan yang banyak dengan tanah yang gembur. Pala merupakan rempah yang memiliki khasiat sebagai obat, terutama buah dan bijinya.

Pala mempunyai sifat :
  1. Stomakik yaitu untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan,
  2. Karminatif yaitu untuk memperlancar buang angin,
  3. Antiemetik yaitu untuk mengatasi rasa mual mau muntah, nyeri haid dan rematik.
Bagian dari Pala yang dapat dimanfaat:
  1. Daging buah yang berwarna keputihan: dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala. Mengandung minyak atsiri dan zat samak.
  2. Fuli/bunga pala :digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati.
  3. Bagian biji yang berwarna kecoklatan : banyak dimanfaatkan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet dan lain-lain. Bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.
Khasiat Pala untuk kesehatan
  1. Untuk mengatasi muntaber : 1 butir buah pala dan bunganya, 5 gram jintan putih, 10 gram jahe, dan 1 buah delima yang diambil kulitnya, ditumbuk halus. Lalu, tambahkan santan kelapa dan minyak kayu putih secukupnya, diaduk lalu dibalurkan pada bagian perut dan ulu hati penderita.
  2. Dapat mengatasi insomania : Campur 1 sdt biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan ½ sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.
  3. Untuk sakit Maag, Masuk Angin dan Cegukan: Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.
  4. Mengatasi rasa mual dan muntah : Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  5. Rematik : Bagi penderita rematik, mandilah dengan sabun pala secara teratur dan gosok pada bagian yang sakit dengan balsam pala. Kedua bahan ini dapat diperoleh di apotik atau toko obat.
  6. Nyeri Haid : Ambil ½ sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.
Daging buah pala juga banyak diolah menjadi panganan ringan yang menyegarkan yaitu manisan pala. Makanan ini berkhasiat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan pegal-pegal. Dalam pembuatannya, buah pala yang telah dipanen direndam dalam air garam. Setelah dipisahkan dalam bijinya daging buah diiris dan dipukul hingga menyerupai kipas. Daging buah pala ini kemudian diolesi gula pasir hingga 2 kali. Pembuatan manisan dilanjutkan dengan proses fermentasi. Dalam proses ini buah pala menghasilkan air. Air dari manisan basah inilah yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Read Full 0 komentar

Hati-Hati Gejala Leukimia Pada Anak

Thursday, March 18, 2010
Secara umum kanker dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kanker dalam bentuk cair dan padat. Kanker dalam bentuk cair adalah kanker darah atau biasa yang disebut Leukimia. Sedangkan yang berbentuk padat dapat terjadi pada semua organ didalam tubuh manusia seperti di otak, mata, hati, ginjal dan lain-lain.

Leukimia merupakan jenis kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak, tempatnya ada di sumsum tulang (yaitu pusat dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit/keping darah). Untuk memudahkan pengertian ini kita ibaratkan sumsum tulang sebagai suatu kawasan perindustrian. Permasalahannya timbul pada saat karyawan di pabrik leukosit berdemonstrasi secara anarkis. Mereka melarang pabrik untuk berproduksi. Akibatnya kadar leukosit didalam darah menjadi rendah. Tidak puas di pabrik sendiri, mereka ke pabrik eritrosit dan trombosit dan melarang kedua pabrik berproduksi. Akibatnya, kadar eritrosit dan trombosit didalam darah menjadi rendah. Tidak puas berdemonstrasi di kawasan industri, para karyawan keluar menyebar kemana-mana seperti otak, gusi, kulit, hati, limpa, dan testis.

Gejala yang terjadi jika seorang anak menderita Leukimia:
  1. Karena kadar eritrosit didalam darah rendah, maka wajah akan terlihat pucat.
  2. Sering demam, yang tidak diketahui penyebabnya akibat kadar leukosit didalam darah rendah.
  3. Mengalami pendarahan, seperti mimisan, gusi berdarah atau pendarahan di kulit.
  4. Mengalami kejang.
  5. Pembengkakan gusi.
  6. Nyeri tulang.
  7. Perut yang terlihat membesar.
  8. Testis yang membesar dan keras.
Jika terlihat tanda-tanda seperti diatas, sebaiknya kita segera membawa anak tersebut ke dokter. Semakin dini dan cepat seorang anak yang terkena leukimia ditangani, maka semakin besar kemungkinan untuk dapat disembuhkan. Oleh karena itu, perlu bagi orang tua untuk mewaspadai gejala kanker pada anak khususnya kanker darah/leukimia
Read Full 0 komentar

Green Tea

Setiap orang pasti pernah minum teh karena teh dapat menghangatkan tubuh kita. Minuman ini juga dapat mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringan sejenis influenza hingga yang berat seperti kanker.

Teh hijau mengandung suatu zat yang disebut zat polyphenols yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Tetapi jika mengkonsumsi teh hijau yang mengandung zat polyphenols dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Mengkonsumsi teh dapat mengakibatkan rangsangan seringnya berkemih, sehingga banyak minum teh pada penderita gagal ginjal akan semakin mengganggu fungsi ginjal yang sebelumya sudah mengalami kerusakan. Jika salah satu organ penting tubuh kita mengalami gangguan serius, berbagai tata laksana dan pengaturan diet tentu menjadi prioritas untuk mencegah kerusakan organ lebih lanjut. Contohnya ginjal yang berperan penting menyaring racun, bila fungsi ginjal terganggu, maka zat sisa termasuk racun yang harusnya dibuang melalui urin, akan menumpuk dan beredar bersama aliran darah. Sulitnya pengeluaran racun ini dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi tubuh lainnya, sehingga salah satu cara menghindari tertimbunnya racun adalah dengan mewaspadai jenis makanan dan asupan cairan yang dikonsumsi penderita. Protein, kalium, natrium dan fosfor merupakan substansi makanan yang sukar dicerna oleh ginjal yang mengalami gangguan fungsi.

Manfaat teh hijau bagi kesehatan:
  1. Mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
  5. Menurunkan resiko terkena stroke
  6. Membantu tubuh dalam melawan virus (influenza)
  7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
  8. Memperbaiki fungsi kognitif
  9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
  10. Mencegah sesak nafas
  11. Mengurangi stress
  12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
  13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
  14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
  15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
  16. Membantu menurunkan berat badan
  17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi/reumatik
  18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
  19. Mencegah osteoforosis
  20. Mencegah timbulnya alergi
  21. Melindungi liver
  22. Mencegah hepatitis
  23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
  24. Mengurangi bahaya merokok
  25. Memperlambat penuaan
  26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
  27. Mencegah keracunan makanan
Read Full 0 komentar

Ginseng For Healthy

Friday, March 12, 2010

Ginseng bukanlah obat dalam arti menyembuhkan penyakit, melainkan sebagai penguat daya tahan tubuh. Di dalam tubuh, ginseng berfungsi untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, meningkatkan pengeluaran cairan tubuh dan mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, dan mengeluarkan racun. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia. Ginseng mengandung vitamin A, E, B2, niacin, kalsium, besi, kalium dan ginsenosida.

Apa yang harus diketahui tentang Ginseng:
  1. Sebaiknya membeli ginseng di tempat yang memberikan jaminan mutu.
  2. Ginseng tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui, juga untuk penderita darah tinggi.
  3. Hindari mengkonsumsi ginseng bersamaan dengan bahan yang mengandung kafein, seperti coklat, kopi, minuman bersoda, karena dapat mengganggu fungsi lambung.
  4. Jangan mengkonsumsi ginseng dalam waktu lama dan terus-menerus.
  5. Bila belum pernah menggunakan ginseng, sebaiknya mulailah dengan dosis terendah.
  6. Ginseng dikonsumsi sebelum makan pagi atau sarapan.
  7. Penyakit yang mungkin bisa diobati dengan mengonsumsi ginseng antara lain darah tinggi, ejakulasi dini, kolesterol berlebihan, dan kurang darah.
  8. Ginseng dipercaya bisa memperbaiki stamina.
  9. Ginseng sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.
Khasiat ginseng utk kesehatan :
  1. Obat kuat, yaitu meningkatkan stamina dlm hubungan sex
  2. Memperkuat daya ingat, juga membantu memperbaiki daya ingat pasien stroke dan kepikunan
  3. Meningkatkan ketahanan tubuh, ginseng mengandung polisakarida yg membantu sistem imun tubuh
  4. Mengatasi insomnia
  5. Melancarkan peredaran darah dan sistem saraf
Read Full 0 komentar

Perbedaan antara Kista, Mioma, Tumor

Sunday, March 7, 2010
Kista, Mioma, dan Tumor mempunyai perbedaan yaitu:
Kista adalah tumor berupa kantong yang berisi cairan. Organ reproduksi yang dapat mengalami kelainan berupa kista adalah ovarium atau indung telur. Kista dapat bersifat jinak, dapat pula ganas. Kista ovarium juga beragam jenisnya, tergantung dari jaringan yang membentuknya dan jenis cairan yang ada di dalamnya. Misalnya, kista endometriosis yang cairannya berupa darah haid dan kista dermoid yang terdiri dari jaringan gigi, rambut, dan lemak.

Mioma uteri adalah tumor jinak di jaringan otot rahim (miometrium). Jadi, tumor ini mengenai organ rahim. Mioma uteri kebanyakan terjadi pada masa reproduksi dan pembesarannya berkaitan dengan hormon estrogen. Mioma pada rahim dapat mengganggu kehamilan, yaitu menyebabkan kelainan letak janin (posisi janin melintang). Pada wanita yang tidak hamil, mioma pun dapat menyebabkan kelainan, yaitu kelainan haid (haid menjadi tidak teratur atau bertambah banyak). Hal ini sangat tergantung dari ukuran dan letak mioma.

Tumor adalah segala penumbuhan jaringan yang berlebihan yang membentuk massa tertentu di bagian tubuh mana pun.

Kista dan mioma termasuk jenis tumor yang angka kejadiannya cukup tinggi pada alat reproduksi. Kista ovarium dan mioma uteri dapat mengganggu proses reproduksi untuk terjadinya kehamilan. Bila terjadi kehamilan, kedua tumor ini dapat mengganggu kehamilan.
Contoh kehamilan dengan mioma uteri dapat mengakibatkan keguguran, sedangkan kehamilan dengan kista ovarium yang cukup besar dapat mengalami kista terpuntir yang merupakan kondisi akut, dan mungkin akan menghalangi bayi untuk lahir normal.
Apakah semua kista atau mioma harus dioperasi untuk diangkat? Jawabannya tergantung Anda.

Read Full 0 komentar

Mengapa Kunyit Putih Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Thursday, March 4, 2010
Kunyit putih mempunyai bentuk daun yang bercorak indah, daun tunggal dengan helaian daun berbentuk lanset, panjang kira-kira 20-30 cm dan lebar kira-kira 7,5-10 cm, ujung runcing, pangkal berpelepah, tepi rata, warnanya hijau muda dengan bagian tengah bercorak warna coklat. Bunganya keluar dari rimpang (umbi) dari batang semu yang sangat pendek, dengan warna bunganya ungu muda kemerahan. Akarnya berdaging membentuk umbi yang tidak terlalu besar. Dari umbi induk keluar akar-akar kasar yang ujungnya terdapat umbi kecil yang berair dan tumbuh bergerombol menutupi rimpang induk. Jika umbi dibelah terlihat warnanya putih pucat, berserat halus, dan rasanya pahit. Jika telah keluar bunga, menandakan umbi siap di panen.

Kunyit putih tumbuh liar di beberapa tempat di Jawa Timur, juga bisa sebagai tanaman hias yang ditanam di pot atau pekarangan rumah. Tanaman ini banyak tumbuh di alam bebas seperti ladang, termasuk dalam golongan semak tinggi yang dapat mencapai dua meter. Sebagai salah satu komoditi agribisnis, nilai ekonomisnya cukup tinggi. Pasar terbesar adalah Amerika yang mengimpor kunyit putih untuk bahan dasar pembuatan minyak wangi dengan aromanya yang hangat, sejuk, khas kayu-kayuan, dan memberikan efek terapi rileksasi. Selain digunakan sebagai campuran jamu tradisional, kunyit putih dapat digunakan untuk kosmetik tradisional.

Apa yang diketahui tentang kunyit putih :
  1. Kunyit putih mengatasi segala macam penyakit kewanitaan seperti keputihan, kanker payudara, kanker rahim, dan mencegah penuanan dini.
  2. Kunyit putih bersifat antineoplastik (merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker). Bagian yang digunakan adalah umbi dan daun.
  3. Daun pada tanaman kunyit putih mengandung polifenol. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman ini adalah mengecilkan rahim, menambah nafsu makan, menghambat pertumbuhan sel kanker, mengobati sakit maag, dan nyeri lambung.
  4. Kunyit putih ini mengandung suatu zat yang akan menempel secara selektif pada sel-sel abnormal. Zat ini mampu memandulkan perkembangan sel yang berkembang biak.
  5. Kunyit putih bersifat antioksidan dan dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah. Tetapi, kunyit putih sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan karena dapat mengakibatkan keguguran.
  6. Kunyit putih diketahui mengandungi minyak atsiri yang terdiri atas curdione dan curcumol, yaitu yang berfungsi untuk menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen.
  7. Kunyit putih sebagai anti virus. Untuk mengolahnya menjadi obat, umbinya yang mengandung saponim, flanoida, dan polifenol dapat diparut lebih dulu. Setelah itu diperas dan disaring. Campurkan ke dalam air panas mendidih agar melarut dengan sempurna. Bisa diminum dan dicampur sedikit gula agar rasanya enak.
  8. Dalam farmakologi China dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki sifat: menghentikan pendarahan, antiinflamasi, dan menambah nafsu makan.
Kunyit putih ini mempunyai ciri tertentu, yaitu :
  1. Bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem).
  2. Dalam keadaan segar baunya seperti buah mangga kweni dan bila telah diekstrak atau dijadikan bubuk, warnanya tetap kuning muda (krem).
Segera mendeteksi tumor terhadap diri anda karena tumor adalah penyakit yang ganas, dan segera berobat ke dokter untuk diperiksa. Cepat atau lambat tumor menimbulkan bahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. Pola hidup yang kurang baik, misalnya jenis makanan yang kurang memenuhi kandungan gizi, makanan yang mempunyai pengawet yang banyak, tidak berolahraga, istirahat tidak teratur, akan berpeluang mempercepat proses memburuknya kondisi kesehatan.

Read Full 0 komentar

Jenis & Manfaat Buah Melon

Tuesday, March 2, 2010
Buah Melon menjadi buah yang sering disediakan pada acara pesta atau di rumah makan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup yang populer. Melon (Cucumis Melo) berasal dari Persia, kemudian menyebar ke Eropa, Amerika, Colorado, California dan Texas, dan akhirnya sampai juga di Indonesia yang merupakan daerah tropis dan subtropis.

Jenis Melon:
1. Melon hijau: Jenis melon yang populer di Indonesia (disebut melon lokal). Kulit luarnya keras, kasar dan berurat seperti jala. Buah dagingnya berwarna hijau pucat dan aromanya harum.
2. Melon jingga / Cantaloupe : Bentuknya mirip dengan melon hijau yang berkulit tebal, keras, dan berurat seperti jala. Bedanya, warna kulitnya lebih hijau dari melon lokal dan buahnya berwarna jingga. Dan mengandung betakaroten yang lebih banyak dibandingkan jenis yang lainnya.
3. Melon mas / Golden Melon : Kulitnya berwarna kuning muda dan bertekstur halus dan mengkilat. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang manis tetapi tidak beraroma harum.
4. Melon madu / Honeydew Melon : Rasanya paling manis dibandingkan jenis yang lainnya. Kulit luar berwarna hijau keputihan dengan tekstur mulus dan mengkilat. Daging buahnya berwarna hijau pucat seperti melon hijau.

Mengapa kita memilih melon?
1. Buah melon memberikan rasa dingin yang menyejukkan jika dimakan. Tingginya kandungan air memberikan efek diuretik, yaitu untuk memperlancar buang air kecil, dapat menetralkan toksin dan bakteri didalam tubuh.
2. Kandungan air dan mineral kalium berfungsi mengeluarkan asam urat dan sisa metabolisme lewat ginjal. Asam urat yang berlebihan didalam darah dapat membentuk kristal yang jika menumpuk dipersendian akan menyebabkan artritis atau radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk disaluran kemih akan membentuk batu ginjal. Karena itu, konsumsi melon baik untuk orang yang menderita artritis dan batu ginjal.
3. Melon bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan. Kandungan air dan mineral pada melon bermanfaat untuk mengurangi keasaman lambung, kandungan seratnya juga membantu mengatasi sembelit.
4. Melon juga bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler, yaitu membantu mengontrol tekanan darah, mengatur denyut jantung, mencegah stroke, dan menurunkan resiko pembentukan batu ginjal.
5. Melon mengandung adenosine, zat antikoagulan yang berperan untuk mencegah penggumpalan sel darah yang memicu timbulnya penyakit jantung/stroke.
6. Melon mengandung Vitamin C, bermanfaat mengobati sariawan, menghaluskan kulit dan meningkatkan imunitas tubuh, juga berperan sebagai antioksidan pelindung tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.
7. Daging buah melon yang dibuat jus mengandung asam elagat, senyawa fitokimia berefek antioksidan yang ampuh membunuh bibit sel kanker dan membantu menormalkan tekanan darah.

Cara memilih melon yang baik :
1. Pilih melon yang sudah matang, bentuknya bundar, kulitnya bebas dari memar dan retak, beraroma harum dan segar. Jangan memilih melon yang masih ada tangkai buahnya, karena tangkai melon akan terlepas dengan sendirinya jika buah sudah matang. Jika bekas ujung tangkai melon kelihatan dipotong paksa, berarti buah tersebut dipanen sebelum matang.
2. Untuk memperoleh manfaat maksimal antioksidan, pilih melon yang benar-benar matang, karena buah yang matang sempurna mengalami peningkatan kadar antioksidannya.
3. Melon tidak akan menjadi lebih manis setelah dipetik dan disimpan, meskipun teksturnya lembut. Justru kandungan gulanya berkurang.
4. Melon utuh bisa disimpan selama 2-4 hari di udara terbuka, dan 5-10 hari jika disimpan didalam kulkas. Tetapi, jika sudah dipotong disimpan selama 2-3 hari didalam wadah tertutup di kulkas, dan bisa lebih tahan lama jika dibekukan.
5. Melon yang sudah dibelah 2 dan disimpan dikulkas sebaiknya jangan dibuang bijinya karena dapat mengeringkan daging buah melon dikulkas.
6. Cuci melon dengan air hangat dan bersabun sebelum dipotong untuk menghilangkan kotoran yang menempel dipermukaan kulit yang bisa terbawa pisau saat memotong melon.
7. Jika suka, melon dapat ditambah dengan perasan air jeruk nipis/lemon untuk meningkatkan rasa dan aroma buah.

Dari semua jenis melon, melon jingga yang paling banyak manfaatnya, karena:
1. Daging buahnya mengandung betakaroten dan lycopene yang berperan sebagai antioksidan yang banyak jumlahnya.
2. Betakaroten dalam tubuh dapat diubah menjadi Vitamin A, yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah radang paru-paru bagi para perokok.
3. Melon jingga juga mengandung Vitamin C, mineral kalium, serat, Vitamin B3, B6 dan asam folat dalam jumlah yang banyak. Kombinasi antara Vitamin B kompleks dan serat dalam melon jingga dapat membantu proses metabolisme karbohidrat dan menjaga keseimbangan kadar gula darah.
4. Melon jingga mengandung polifenol antioksidan yang bisa diubah tubuh menjadi enzim superoxide dismutase yang sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan dinding pembuluh darah dan mencegah serangan jantung.
Read Full 2 komentar

Liver / Hepatitis : Akibat dan Gejala

Monday, March 1, 2010
Liver Adalah penyakit hati yang kronis dan ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), nekrosis (kematian jaringan) hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan - gumpalan / pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Liver / Hepatitis terjadi karena :
a. Hepatitis Virus :
  1. Virus Hepatitis A (tidak berbahaya meskipun dengan gejala yang hebat, SGOT SGPT tinggi disertai kuning (billirubin yang tinggi).
  2. Virus hepatitis B ( berbahaya meskipun dengan gejala awal yang ringan SGOT SGPT meningkat/ sedikit melebihi normal)
  3. Virus Hepatitis C (Berbahaya karena lebih dari separuh kasusnya menyebabkan kerusakan hati/liver, diketahui dengan memeriksakan HCV.
b. Alkohol
c. Gangguan imunitas (hepatitis lupoid)
d. Toksin dan obat - obatan.
e. Salah gizi
f. Gangguan Metabolik:
g. Diabetes mellitus,
h. Penyakit penimbunan glikogen,
i. Menumpuknya zat besi (Fe) secara berlebihan dalam hati, limpa dan kulit
j. Penyumbatan aliran empedu yang kronik
k. Infeksi penyakit yang kronis
l. Dan lain-lain

Ciri -ciri orang yang menderita Liver/Hepatitis
  1. Bola mata terlihat kekuningan.
  2. Badan lemah / lesu.
  3. Gangguan pencernaan (mual, muntah)
  4. Pembengkakan bagian tubuh karena penumpukan cairan (Ascites)
  5. Perdarahan saluran cerna (Hematemesis melena)
  6. Berdasar tes darah akan tampak kenaikan SGPT dan SGOT di atas normal.
  7. Jaundice atau kulit berwarna kekuningan.
  8. Urin yang coklat seperti warna teh.
  9. Kehilangan atau kenaikan berat tubuh yang abnormal
  10. Diare
  11. Warna tinja (feces) yang pucat
  12. Nyeri di perut pada bagian kanan atas perut
  13. Gatal-gatal
  14. Varises (pembesaran pembuluh vena)
  15. Kelelahan
  16. Hipoglikemia (kadar gula darah rendah)
  17. Demam ringan
  18. Sakit otot-otot
Yang perlu dikonsumsi oleh penderita liver adalah:
  1. Tinggi kalori tinggi protein (kerang, ikan laut)
  2. Jamu temulawak
  3. Memberikan kopi pada penderita hepatitis C dalam jumlah banyak ternyata bisa memperpanjang umur seseorang yang sudah memiliki penyakit hepatitis C kronis.
  4. Memberikan obat-obatan dapat mempercepat proses penyembuhan.
  5. Pemasukan vitamin A dalam jumlah cukup dapat membantu mencegah penumpukan jaringan sel yang mengeras. Tetapi penggunaan vitamin untuk jangka waktu lama dan dengan dosis berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan liver.
  6. Pemberian Suplemen vitamin E dapat meningkatkan kandungan vitamin dalam tubuh orang yang menderita liver dan dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel liver.
Demikianlah catatan ini dibuat, semoga menjadi pengalaman buat kita semua bahwa kesehatan memang harus dijaga. Untuk sumber-sumber yang telah membantu diucapkan terima kasih.

Read Full 0 komentar
 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks