Tuesday, June 22, 2010

Daun Ungu Obat Ambeien

Daun Ungu (Graptophyllum pictum) termasuk tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil dan tingginya hanya dapat mencapai 3 meter, biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias/obat. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Batangnya berwarna ungu, penampang batangnya berbentuk mendekati segi tiga tumpul. Daun mempunyai struktur posisi daun yang letaknya berhadap-hadapan dan mempunyai bunga bersusun dalam 1 rangkaian tandan yang berwarna merah tua.

Daun ungu termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat terutama dalan bidang kesehatan. Daun ungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan feaces, dan mengempiskan wasir. Tanaman daun ungu mengandung kandungan kimia antara lain Alkaloid non toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Daun ungu mengandung pektin untuk mengembangkan saluran cerna, sehingga mempermudah defekasi dan tidak menimbulkan luka/peradangan.

Khasiat Daun ungu :
  1. Mengatasi ambeien, dengan konsumsi rutin segelas rebusan daun ungu 2 kali sehari.
  2. Masalah buang air seni tidak lancar, ambil 1-2 genggam daun ungu serta adas pulawaras. Semua bahan itu ditumbuk sampai benar-benar halus. Hasil tumbukan itu dioleskan pada bagian perut.
  3. Masalah haid yang tidak lancar. Caranya, daun ungu dikeringkan dan ambil sekitar tiga sendok. Daun ungu itu kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas saja. Setelah itu disaring dan diminum tiga hari menjelang datang bulan.
  4. Mengobati reumatik/encok. Caranya 1-2 genggam daun ungu ditumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian yang sakit.
  5. Mengatasi sakit bisul. Ambil 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Daun ungu itu kemudian dioleasi minyak kelapa dan panggang di atas api. Dalam keadaan hangat, tempelkan daun ungu itu pada bagian yang sakit.
Begitulah beberapa khasiat daun ungu untuk kesehatan Anda. Tetapi, sebelum meracik daun ungu sebagai obat, sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang memang menguasai bidang pengobatan tradisional. Dengan demikian, kekeliruan dalam pengobatan bisa dihindari.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks