Friday, May 18, 2012

Putri Malu Dan Manfaatnya

Tanaman putri malu tumbuh di pinggir jalan, tanah lapang, cepat berkembang biak, tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak. Batang bulat, berbulu dan berduri. Daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau (ada yang warna kemerah-merahan). Bila daun disentuh akan menutup (sensitif plant). Bunga bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai.
KANDUNGAN KIMIA: Mimosine.
 
Bagian yang Dipakai : Daun, akar, seluruh tanaman, segar atau yang dikeringkan.
Kegunaan :
  1. Susah tidur (insomnia).
  2. Radang saluran nafas (bronchitis).
  3. Panas tinggi pada anak-anak.
  4. Herpes (radang kulit karena virus).
  5. Cacingan (ascariasis).
  6. Rheumatik.

Cara pengolahan Putri Malu untuk pengobatan:
Insomnia (Susah Tidur):
  • Untuk mengobati insomnia, sebanyak 30-60 gram daun Putri Malu direbus lalu airnya diminum.
  • Bisa juga dengan mencampur 15 gram daun Putri Malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus. Airnya kemudian diminum.
 Chronic bronchitis:
  •  Untuk mengobati penyakit bronchitis, 60 gram akar Putri Malu dicampur 600 cc air, lalu direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.
  •  Daun Putri Malu 30 gram, Akar peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.
Batuk dengan dahak banyak: Sedangkan bagi penderita batuk dengan dahak banyak, akar Putri Malu sebanyak 10-15 gram direbus lalu airnya diminum.
 
Ascariasis: Daun Putri Malu 15 – 30 gram direbus, lalu airnya diminum.
 
Rheumatik: 15 gram akar Putri Malu direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.
 
Hepatitis: Putri Malu ini mengandung tanin, mimosin, dan asam pipekolinat dan berkhasiat untuk mencegah dan mengobati hepatitis. Caranya dengan merebus Putri Malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin. Khasiat lain ternyata Putri Malu,
 
Mengkonsumsi akar Putri Malu secara berlebihan (over dosis) dapat menyebabkan keracunan  dan muntah-muntah, untuk itu Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi akar Putri Malu karena khawatir dapat mengganggu perkembangan janin.
 
Daun Putri Malu sangat berkhasiat untuk memulihkan lemah Syahwat. Caranya mudah: Kumpulkan 10 - 15 Lembar Daun Putri Malu tsb, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, jadikan 1 gelas saja. Air hasil rebusan itu disaring kemudian diminum selagi masih hangat, khasiatnya akan terasa sekitar 30 menit kemudian setelah meminumnya.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks