Monday, November 8, 2010

Tanaman Selasih Dan Manfaatnya

Salah satu tanaman obat yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai macam penyakit adalah tanaman selasih. Kegunaan tanaman ini sangat banyak, oleh karena itu tanaman ini disebut tanaman serbaguna. Dari bermacam-macam senyawa yang terdapat dalam selasih, minyak atsiri merupakan salah satu komponen yang baik bagi kesehatan. Tanaman selasih mengandung minyak atsiri, yang terdiri dari ocimene, alpha pinene, encalyptole, linalol, geraniol, dan eugenol metil eter. Biji selasih mengandung zat kimia yaitu saponin, flavonoid, dan polifenol.

Selasih berfungsi untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas, menghilangkan sesak napas, mengobati diare, mengobati eksim dan koreng. Minyak atsiri daun selasih ungu (Ocimum sanctum Linn) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap S. aureus dan E. coli .Sehingga berfungsi sebagai antibiotika.

Selasih juga merupakan fungisida untuk mengendalikan Pyricularia oryzae yang merupakan penyebab penyakit bercak dan busuk daun yang menyerang tanaman padi. Kandungan eugenol pada minyak atsiri daun selasih mampu menekan pertumbuhan nematoda tanaman lada.

Daun selasih digunakan sebagai sayuran atau lalapan untuk menambah nafsu makan (appetizer). Selain daunnya, biji selasih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman penyegar. Biji selasih dapat menurunkan kolesterol, penambah daya ingat dan tonik.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks