Insomnia

Wednesday, May 30, 2012
Insomnia is a condition where a person is difficult to sleep or maintaining sleep even though there is a chance for it. The symptoms are typically followed by functional impairment while awake. One cause insomnia are the most common is because of an illness or due to psychological problems.

Many people with insomnia depend on sleeping pills and other sedative substances to be rested. All medicine have the potential to cause psychological dependence of the notion that: 'they can not sleep without the medicine'.
  • Here are tips on how to easily overcome insomnia or trouble sleeping.
  • Make sure your bedroom well ventilated and quiet.
  • Pray before bedtime so that your life is more calm.
  • Read books that can inspire you to avoid depression.
  • Apply a small amount of sesame oil / castor oil on your legs and eyelids. These oils help you feel sleepy.
  • Blue night light can help you feel sleepy. Or it could also turn off the lights.
  • Classical music can also help you to sleep, especially music sports Bhairavi.
  • Avoid eating and drinking (especially coffee) in large amounts before bedtime. But it is advisable to eat snacks that mengandug little carbohydrate.
  • Soak your feet in warm water before bed, bet a little Lavender aromatherapy oils. Fragrant lavender flowers are very efficacious quiet the mind so that you sleep easier.
  • Learn to sleep in regular time.
  • Diligent exercise will make the body healthy and blood circulation to the brain to become fluent.

Read Full 1 komentar

Gigi Dan Perawatannya

Jangan biarkan penampilan Anda rusak karena warna gigi yang kekuningan. Selain obat-obatan dan gaya hidup, ada beberapa makanan yang berpengaruh pada warna gigi seseorang.
1. Tomat.
Tomat memiliki kandungan warna alami pada buah yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Keadaan ini akan diperparah jika tomat ini sudah diolah menjadi saus tomat botolan. Kandungan zat pewarna tambahan di dalam saus tomat juga bisa memperparah bekas warna yang ditinggalkan pada gigi. 

2. Minuman kesehatan dan minuman olahraga.
Sebuah studi mengungkapkan bahwa minuman olahraga dan minuman kesehatan juga bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi karena kandungan asamnya. Akibatnya noda akibat minuman ini akan tertinggal di gigi. Sebaiknya pilih air putih sebagai pengganti minuman kesehatan ataupun minuman olahraga.

3. Jus buah.
kandungan asam dari buah yang terlalu tinggi dan terlalu banyak bisa merusak gigi, dan bila dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang terlalu banyak juga bisa merusak enamel gigi dan membuat gigi berlubang.

4. Wine.
Kandungan asam, tannin, dan chromogen pada wine itulah yang menyebabkan noda pada gigi. Selain anggur merah, anggur putih juga bisa membuat gigi berubah warna.

5. Antibiotik.
Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan, terutama antibiotik, juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Kandungan tetracycline pada antibiotik adalah faktor penyebab gigi menjadi kuning, terutama pada anak-anak. Konsumsi antibiotik yang mengandung tetracycline selama masa pertumbuhan gigi (mulai dari awal kehamilan sampai anak usia 8 tahun) bisa membuat gigi anak mengalami perubahan warna yang bersifat permanen.

Makanan yang dapat memutihkan gigi:
1. Strowberi
Buah ini memproduksi enzim malic acid yang membantu memutihkan gigi. Selain dengan langsung memakannya, strowberi bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dengan cara dihaluskan, digosokkan ke gigi, diamkan selama lima menit lalu bilas dan gosok gigi seperti biasa.

2. Buah-buahan dan sayuran yang renyah
Contoh terbaik adalah apel, seledri, dan wortel. Menggigit dan mengunyah buah dan sayuran seperti ini akan membantu membersihkan plak, "menggosok" gigi agar lebih putih bersinar, dan meningkatkan produksi air liur yang baik bagi kesehatan mulut.

3. Keju
Keju dan bahan olahan susu lainnya seperti yoghurt mengandung lactic acid yang berfungsi melindungi gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi yoghurt empat kali seminggu lebih terlindung dari pembusukan gigi dibanding anak-anak yang tak minum yoghurt. Sedangkan untuk memutihkan gigi, keju adalah pilihan yang baik karena selain melindungi gigi dari kebusukan, keju juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna dalam pembentukan enamel gigi.

4. Jeruk dan nanas
Saat mengkonsumsi jeruk, nanas, dan buah-buahan asam lainnya, mulut memproduksi air liur lebih banyak, yang membantu membersihkan gigi secara alami.

5. Baking soda
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda berfungsi lebih baik dalam membersihkan plak. Anda bisa saja menggunakan baking soda langsung untuk membersihkan gigi, namun para dokter menyarankan agar hal ini tak dilakukan terlalu sering karena bisa mengikis enamel gigi. Pilihan paling aman adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda.

6. Permen karet yang mengandung xylitol
Xylitol adalah pemanis alami yang dapat mencegah plak. Xylitol juga menetralkan tingkat keasaman di dalam mulut dan meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.
Read Full 0 komentar

Potatoes

Kentang merupakan penawar racun alami asam yang berlebihan/asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.
 
Kentang banyak khasiatnya: potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehingga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.

Khasiat kentang :
  • Jus kentang mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi (arthritis), radang otot (rematik). Sakit yang di sebabkan salah urat atau terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan, dapat di legakan dengan cara menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan, selama 15 menit atau lebih.
  • Saos kentang yang digunakan untuk saos salad, dipercaya bisa mengurangi luka, mengurangi rasa sakit, serta pencemaran bakteri. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan sekiranya dicampur bersama krim, bisa memperlambat munculnya kerut di muka.
  • Kentang juga bisa memutihkan dan melembutkan tangan. Ini menunjukkan kentang bukan saja bermanfaat untuk tujuan pengobatan. Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.
  • Kentang telah menjadi sahabat semua orang, yang sedang mengatur pola makan. Sehingga kentang bisa menjadi menu alternative untuk diet, sebab kentang dipercaya kaya karbohidrat pangganti nasi bagi Anda yang kini sedang menjalankan diet.
  • Vitamin C-nya, juga terkenal sebagai pereda gangguan penyakit yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Anda yang menderita kutil, segera oleskan potongan segar kentang mentah pada kutil.
  • Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mengalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat membantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
  • Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C di dalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan karena adanya Glycemic Index.
  • Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.
Read Full 0 komentar

Buah Dan Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan

Monday, May 28, 2012
Buah-buahan dan sayuran sangat menjanjikan untuk kesehatan kita. Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral esensial yang menawarkan perlindungan dari  penyakit kronis. Buah dan sayuran merupakan bagian penting dari makanan seimbang bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Serat, fitokimia, antioksidan dan senyawa lain yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran mampu melindungi dari ancaman penyakit  kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes. Namun tidak semua buah buahan memiliki kandungan yang lengkap. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan.
 
1. Apel: Buah Apel Memiliki Kandungan Flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang ada dalam apel, dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena asma dan diabetes. Serat-serat apel membantu membersihkan gigi dan langit-langit mulut kita dari bakteri dan sisa makanan. Pastikan anda makan apel utuh tanpa mengupas kulitnya karena nutrisi yang baik ada di bawah kulit apel.
 
2. Alpukat: Asam lemak tak jenuh tunggal dalam  alpukat mampu menurunkan kolesterol. Karena itu, disarankan untuk mengganti lemak jenuh dan trans yang tidak sehat lainnya dalam dengan memakan alpukat alpukat.
 
3. Pisang: Pisang merupakan sumber yang kaya akan potasium yang dapat membantu untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap pada kondisi normal.
 
4. Blueberry: Blueberry adalah buah yang memiliki serat yang kaya antioksidan. Hal ini dapat  membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit Alzheimer dan Parkinson.
 
5. Belewar: Buah ini kaya dengan antioksidan – beta karoten, yang membantu untuk menurunkan risiko katarak.
 
6. Ceri: Ceri memiliki zat antosianin yang  dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan meringankan nyeri atritis.
 
7. Cranberi: Efek antibakteri pada buah cranberry dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan infeksi saluran. Cranberry juga dihubungkan dengan pencegahan ulkus dan batu ginjal.
Buah ara kering: Buah ara kering yang kaya akan serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung tertentu.
 
8. Anggur: Anggur memiliki kandungan Resveratrol, yaitu sebuah antioksidan yang  dapat membantu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Antioksidan ini juga dapat mencegah penyakit jantung, menghambat penyebaran sel kanker, terutama pada kanker payudara, usus besar dan lambung.
 
9. Jeruk Bali: Flavonoid dan lycopene dalam jeruk  mampu memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Jeruk  juga kaya akan pektin, serat yang dapat membantu untuk mengurangi tingkat kolesterol tinggi.
 
10. Buah Kiwi: Buah Kiwi dapat membantu untuk mempertahankan dan mengembangkan tulang, tulang rawan, gusi dan gigi karena memiliki vitamin C.
 
11. Mangga: Mangga kaya dengan zat  zeaxanthin dan lutein, antioksidan baik membantu melindungi visi dan menurunkan risiko perkembangan usia degenerasi makula terkait.
 
12. Jeruk: Selain terkenal karena vitamin C-nya, jeruk juga merupakan sumber folat. Folat merupakan nutrisi penting bagi wanita hamil karena dapat membantu mencegah perkembangan cacat saluran saraf.
 
13. Pepaya: Kulit pepaya mengandung asam khusus yang membantu untuk menjaga kulit sehat. Selain itu pepaya juga membantu untuk membantu pencernaan.
 
14. Bit: Betain yang terkandung dalam bit membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Bit juga kaya akan folat yang merupakan vitamin B kompleks esensial yang dapat membantu mencegah cacat lahir pada janin.
 
15. Brokoli: Indoles dan sulforaphane, dua fitonutrien yang terkandung dalam brokoli memiliki efek anti kanker yang signifikan.
 
16. Wortel: Wortel merupakan sumber sayuran yang kaya akan senyawa antioksidan dan juga pro vitamin A karoten. karoten membantu melindungi tubuh dari serangan kanker tertentu dan penyakit kardiovaskular.
 
17. Seledri: Seledri merupakan sumber vitamin C dan memiliki  banyak senyawa aktif lainnya termasuk phthalides dan coumarin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.
 
18. Terong: Selain kaya dalam berbagai vitamin dan mineral, terong juga kaya nasunin (ditemukan di bawah kulit sayuran ini) yang dianggap sebagai makanan otak.
 
19. Kacang hijau: Kacang hijau Memiliki kandungan Vitamin K, folat dan vitamin B6 yang dapat  membantu mempertahankan kesehatan tulang.
 
20. Kubis: Fitonutrien organosulfur yang terkandung dalam kubis  membantu mencegah kanker terutama kanker ovarium, selain itu kubis juga memiliki kandungan  karotenoid yang mampu membantu menurunkan risiko katarak.
 
21. Zaitun: Zaitun merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Yang mampu membantu melindungi tubuh kita dari serangan penyakit jantung. Selain itu  membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif radikal bebas dalam tubuh.
 
22. Bayam: Bayam adalah sumber vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, besi, kalsium, vitamin B dan vitamin E. Semua nutrisi ini membantu melindungi tubuh kita dari sejumlah penyakit seperti arthritis, kanker usus besar, penyakit jantung dan osteoporosis.
 
23. Tomat: Tomat merupakan sumber lycopene, yaitu  antioksidan yang kuat yang untuk memberikan perlindungan terhadap kanker prostat stadium lanjut. Selain itu tomat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.
Read Full 0 komentar

Buah Delima Dan Manfaatnya

Jika anda  ingin mengurangi stres dan mencegah terjadinya penuaan, tampaknya anda harus mengkonsumsi jus buah delima (pomegranate) secara teratur. Menurut para ilmuwan, nutrisi yang terkandung dalam buah delima itu dapat mengurangi kecemasan dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Buah delima dapat juga mencegah penyebaran sel kanker.

Konsumsi buah delima secara reguler setiap hari akan memperlambat proses penuaan sel DNA. Dan itulah sebabnya orang bisa tetap menjaga tubuhnya agar tetap lebih muda. Kesimpulan ini diperoleh setelah diadakan penelitian kepada 60 sukarelawan. Mereka diberi asupan ekstrak buah delima yang berbentuk kapsul selama satu bulan.

Manfaat buah delima untuk  kesehatan sangat banyak jumlahnya. Buah yang sering dijadikan sebagai perumpamaan saat memuji kecantikan seorang wanita ini memiliki banyak fungsi, antara lain adalah sebagai  anti virus dan anti-tumor. Buah delima juga mempunyai fungsi  sebagai sumber vitamin karena terkandung beberapa vitamin antara lain  vitamin A , C dan E serta asam folat. Delima juga sangat efektif dalam  menyembuhkan masalah-masalah yang berkaitan dengan jantung dan untuk menjaga sirkulasi darah. Manfaat  lainnya ialah  termasuk menyembuhkan gangguan lambung, kanker , perawatan gigi, osteoarthritis, anemia dan diabetes.

Ada banyak cara dalam memanfaatkan buah delima ini. Ada yang mengkonsumsinya secara langsung, ada pula yang  mengkonsumsinya dalam bentuk jus serta dalam bentuk sirup dan pasta. Menurut sebuah studi penelitian yang diadakan oleh American Journal of Clinical Nutrition , buah delima yang kaya antioksidan dapat mencegah oksidasi ‘buruk’  dari kolesterol LDL. Sirup Delima berguna untuk mengobati kerusakan tulang rawan dan melindungi  bayi dari kerusakan otak selama proses melahirkan.

1. Manfaat Deliman Dalam Mengatasi Gangguan Perut
Kulit Delima dan daun bisa digunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare. Minum teh yang dibuat dari daun buah ini membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan Anda. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah disentri dan kolera.
 
2. Manfaat Delima Dalam Mengatasi Masalah Jantung
Asupan jus buah delima dapat mempertahankan aliran  darah dalam tubuh untuk tetap normal. Oleh karena itu buah ini sangat manfaal dalam  mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah ini membantu untuk menjaga kolesterol jahat dan menjaga arteri agar terbebas dari gumpalan. Dengan demikian peredaran darah akan tetap lancar dan kesehatan paru paru kita pun akan tetap sehat.

3. Manfaat Delima Dalam Mengatasi Kanker
Delima terdiri dari tingkat tinggi antioksidan yang disebut flavenoids. Flavenoids ini dianggap efektif dalam menangkal berbagai penyakit kanker. Orang-orang yang menghadapi risiko kanker  prostat dan kanker payudara harus mulai minum jus buah ini, karena hal ini akan membantu mereka untuk mengurangi resiko berkembangnya kanker lebih lanjut . Mengkonsumsi buah delima secara  rutin  dapat mengurangi kadar PSA dalam tubuh dan membantu untuk melawan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh.

4. Manfaat Buah Delima Untuk Perawatan Gigi
Manfaat terbaik dari jus delima untuk perawatan gigi adalah bahwa buah delima memiliki bahan anti bakteri dan antivirus yang dapat membantu untuk mengurangi efek plak pada gigi.

5. Manfaat Delima Dalam Mengatasi  Osteoarthritis
Buah Delima memang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit seperti aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri dan tulang rawan dan sendi ini  dapat disembuhkan dengan makan buah ini. Selain itu, delima juga mampu mencegah pembentukan enzim yang dapat  menghancurkan jaringan ikat.
 
6. Manfaat Delima Dalam Mengatasi  Animia. 
Untuk mempertahankan aliran darah yang sehat kita dapat mengkonsumsi buah delima dengan cara apa pun. Kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah delima dapat mengurangi gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing.

7. Manfaat Lain Dari Buah Delima
Manfaat lain dari buah delima antara lain adalah: buah delima dapat mengurangi kemungkinan memiliki bayi prematur dan  mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Delima juga mengurangi kemungkinan berkembangnya  penyakit Alzheimer di kalangan generasi tua. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah delima juga baik untuk kecantikan. Buah delima dapat  membantu  mengontrol masalah penuaan seperti keriput.  Selain itu, buah delima juga membantu seorang wanita untuk mengatasi depresi, terutama ketika memasuki masa menopause. The Journal of Urology menyatakan bahwa jus buah delima juga bisa sangat membantu dalam menyembuhkan masalah disfungsi ereksi. Dengan demikian, sangat banyak sekali manfaat dari buah delima.
Read Full 0 komentar

Guava And Usefulness

One guava has 165 milligrams (mg) of vitamin C. Meanwhile, only a single orange contains 69 mg alone. The content of vitamin C in guava is effective in treating male infertility. Under the skin is green, guava has many benefits offered. A guava fruit a day is useful to reduce the risk of diseases ranging from common cold, swollen gums, high blood pressure, obesity, diabetes to cancer. Guava has fiber-rich foods so good for those who suffer from constipation consumed. For those who are trying to lose weight, the high fiber content of guava are also very beneficial.

The fruit is rich in vitamins, fiber and minerals. If used as part of the daily diet, research suggests guava is very effective in preventing cancer and heart disease. Fruit that has the Latin name is Psidium guajava help the body fight the free radicals produced during metabolism.
The researchers working for the United States Department of Agriculture (USDA) have found that guava may be among the fruits richest in antioxidants. This delicious fruit also has beta carotene, potassium and soluble fiber.
Guava can improve heart health by controlling blood pressure and cholesterol. Guava ability to lower blood pressure due to the potassium content. Potassium is an electrolyte essential to electrical reaction in the body including the heart.

The fruit is also known to heal wounds and treat external bleeding nose and gums. Fruit that live in tropical areas can also prevent disease 'parents' as dementia and cataracts. The existence of complex carbohydrates and high fiber content can be beneficial to lower cholesterol and blood sugar.

Ate one for breakfast guava provide a much-needed daily dose such as iron, folic acid, calcium, fiber, protein, carbohydrate, vitamin A, vitamin B and C. Total fat content of guava about 0.9 grams or 84 calories. Compared to apples, this fruit has 38 percent fat and 42 percent fewer calories.
Read Full 0 komentar

Hipertensi Dan Pencegahannya

Monday, May 21, 2012
Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang jelas sebelum adanya perubahan pada pembuluh darah di jantung, otak atau ginjal. Oleh karena itu banyak orang yang tidak menyadari kalau menderita hipertensi, mereka baru mengetahuinya ketika dokter mengukur tekanan darahnya saat cek kesehatan atau keluhan penyakit lain. Seseorang dikatakan menderita hipertensi apabila nilai tekanan darah sistoliknya di atas 140 mm Hg dan diastoliknya di atas 90 mm Hg. Penyakit ini menyerang satu dari sepuluh orang dewasa dalam hidupnya.

Tekanan darah tinggi sering disebut juga dengan ‘silent killer” karena jarang menunjukkan tanda-tanda dan jika diderita dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Secara extrem tekanan darah tinggi dapat merusak bagian dalam dari arteri yang kecil, kemungkinan dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan serangan jantung (jika terjadi pada jantung), kebutaan (jika terjadi pada retina mata), gagal ginjal (jika pembekuan darah terjadi di ginjal), dan stroke (jika pembekuan darah terjadi di otak). Stroke juga dapat terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat hipertensi sehingga mengakibatkan pendarahan di otak.

Sekitar 90-95% hipertensi tidak diketahui penyebabnya secara pasti, keadaan tersebut disebut juga hipertensi esensial. Sedangkan sisanya yaitu sekitar 5-10% diketahui penyebabnya yang disebut juga hipertensi sekunder. Hipertensi sekunder antara lain disebabkan oleh penyakit parenkim ginjal, pembuluh darah ginjal, akibat pemakaian obat, kelainan endokrin, dan lain-lain.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat memperberat hipertensi, antara lain : stres, obesitas/kegemukan, makanan yang banyak mengandung garam, kolesterol tinggi, makanan yang diawetkan, daging kambing, buah durian, rokok, kopi, riwayat keluarga/genetik dan usia. Selain usia dan faktor genetik, faktor lainnya dapat dikendalikan atau dihindari dengan pengontrolan pola hidup sehat, seperti :
  •   Diet rendah garam dan rendah lemak
  •   Berhenti merokok dan minum alkohol
  •   Menghindari stres dan berolahraga sesuai kebutuhan
  •   Menurunkan berat badan bagi yang kegemukan
Konsumsi makanan yang mengandung mineral kalium dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Banyak penderita hipertensi yang bosan minum obat penurun tekanan darah karena menimbulkan ketergantungan, apabila tidak minum obat tensinya tetap tinggi. Selain itu faktor efek samping yang ditimbulkan pada obat yang harganya murah sedangkan obat yang mahal banyak penderita yang tidak sanggup lagi membelinya. Karena berbagai alasan tersebut, penderita hipertensi mencari cara pengobatan lain yang lebih ekonomis namun minim efek samping yaitu melalui pengobatan alamiah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah, sayuran dan herbal.

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan zat-zat berkhasiat lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan kesehatan, buah dan sayuran juga banyak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Kandungan mineral, vitamin, karotenoid, dan komponen lainnya yang terdapat pada buah dan sayuran diantaranya berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi antara lain seledri, ketimun, labu siam, selada air, lobak, tomat, belimbing wuluh, belimbing manis, semangka, wortel, pisang, apel, dan kiwi.
Read Full 0 komentar

Tips To Lower Blood Pressure

Mereka yang mengalami hipertensi biasanya harus mengkonsumsi obat-obatan secara rutin untuk mengontrol tekanan darah. Tetapi dengan melakukan perubahan gaya hidup, tekanan darah yang tinggi dapat dikendalikan dan diturunkan. Dengan modal tekad dan kedisiplinan, bukan mustahil upaya modifikasi lifestyle ini dapat membantu melepaskan ketergantungan pada obat-obatan. 

Berikut ini adalah 10 cara murah dan alami menurunkan tekanan darah tanpa harus menggunakan obat-obatan :

1. Olahraga: Dengan melakukan olahraga 30 menit sehari, Anda dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Cobalah latihan aerobik untuk mengurangi tekanan darah sistolik Anda karena orang yang aktif secara fisik biasanya dapat mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi. Untuk menunjangnya, pilihlah jenis kegiatan yang Anda sukai seperti misalnya, berjalan, berlari, berenang atau bersepeda.
2. Makan pisang: Anda mungkin tahu bahwa makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari manfaat kalium - zat yang mampu menangkal efek buruk dari sodium, mereka yang mengalami hipertensi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium dalam diet mereka. Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 4.700 miligram per hari. Adapun beberapa sumber makanan yang kaya kandungan kalium diantaranya pisang (422 miligram), kentang panggang dengan kulit (738 miligram), jus jeruk (496 miligram per cangkir), dan yogurt tanpa lemak atau rendah lemak (531-579 miligram per 8 ons).
3. Kurangi asupan garam: Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi, dan hipertensi secara substansial dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan memotong asupan garam. Pedoman diet merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.
4. Stop merokok: Perokok adalah kelompok yang paling berisiko tinggi mengidap hipertensi. Kandungan tembakau dan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara, meskipun rokok itu sendiri bukan penyebab tunggal hipertensi kronis. Berhenti merokok dapat membantu Anda menurunkan sedikit tekanan darah Anda.
5. Menurunkan berat badan: Secara konsisten beberapa penelitian menunjukkan bahwa, sedikit saja kehilangan berat badan, dapat memiliki dampak besar pada tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan ekstra ini lambat laun dapat menyebabkan hipertensi. Sementara itu, dengan memangkas berat badan beban kerja jantung akan jauh lebih ringan.
6. Kurangi alkohol: Konsumsi alkohol secara moderat - tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria - memiliki manfaat kesehatan jantung. Tapi pada beberapa orang, minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.
7. Kelola stres: Mengelola stres secara efektif dapat membantu mengurangi tekanan darah, tetapi sayangnya, tidak ada penelitian yang menawarkan langkah demi langkah untuk mengurangi tingkat stres pada semua orang. "Ada sejumlah cara yang telah dikembangkan sebagai praktik untuk menginduksi keadaan relaksasi. Tetapi bagaimana cara yang baik dan benar, ini masih harus dijawab dalam uji klinis, merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus mampu melakukan manajemen stres dan berlatih dengan konsisten.
8. Yoga: Yoga adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Sebuah studi baru di India menemukan bahwa latihan pernapasan yoga mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi - di mana bekerja mempengaruhi efek sistem saraf otonom - dengan mengatur denyut jantung, pencernaan, dan fungsi lainnya.
9. Jauhi kafein: Kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi tidak untuk menurunkan tekanan darah. Dalam jangka pendek kafein dapat memicu lonjakan tekanan darah, bahkan pada orang tanpa hipertensi. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membatasi asupan kafein (sekitar dua cangkir kopi per hari). Anda dapat memeriksa apakah Anda sensitif terhadap kafein atau tidak dengan memeriksa tekanan darah sebelum dan setengah jam setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Jika meningkat sebesar 5 atau 10 poin, Anda berarti sensitif terhadap kafein.
10. Meditasi: Meditasi - apakah itu melibatkan nyanyian, pernapasan, visualisasi - dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif bagi banyak orang. Yang penting adalah bahwa hal itu membuat Anda merasa baik, dan Anda dapat berkomitmen untuk melakukannya secara konsisten.
Read Full 0 komentar

Keladi Tikus Dan Khasiat

Friday, May 18, 2012
Tanaman keladi tikus  adalah tanaman sejenis talas setinggi 25 cm hingga 30 cm, termasuk tumbuhan semak, menyukai tempat yang lembab yang  tidak terkena matahari langsung. Tanaman berbatang basah ini biasanya tumbuh di tempat terbuka pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Bentuk daunnya bulat dengan ujung runcing berbentuk jantung. Warnanya hijau segar. Umbinya berbentuk bulat rata sebesar buah pala.
 
Ekstrak Typhonium Flageffiforme dan campuran bahan alami lainnya membantu detoxifikasi jaringan darah. Ramuan ini akan semakin baik bila diberikan bersama-sama dengan bahan herba lain, seperti sambiloto, temu putih dan rumput mutiara.
 
Ramuan ini mengandung ribosome inacting protein (RIP), zat antioksidan dan zat antikurkumin. Kombinasi ketiga zat dalam campuran ramuan tersebut memproduksi mediator yang menstimulasi penguatan sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk memberantas sel kanker. Sari tanaman (juice) ini dapat menghancurkan sel kanker. Secara umum hasil penelitian menunjukkan efek membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk khemoterapi dan bersifat anti virus dan anti bakteri. tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara, paru-paru, usus besar, rectum, lever, prostat, ginjal, leher rahim, tenggorokan, tulang, otak, limpa, leukimia, empedu dan pankreas. Dan berdasarkan informasi pengalaman dari pemakai, herbal ini bisa digunakan untuk menetralisir racun narkoba.
Read Full 0 komentar

Putri Malu Dan Manfaatnya

Tanaman putri malu tumbuh di pinggir jalan, tanah lapang, cepat berkembang biak, tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak. Batang bulat, berbulu dan berduri. Daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau (ada yang warna kemerah-merahan). Bila daun disentuh akan menutup (sensitif plant). Bunga bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai.
KANDUNGAN KIMIA: Mimosine.
 
Bagian yang Dipakai : Daun, akar, seluruh tanaman, segar atau yang dikeringkan.
Kegunaan :
  1. Susah tidur (insomnia).
  2. Radang saluran nafas (bronchitis).
  3. Panas tinggi pada anak-anak.
  4. Herpes (radang kulit karena virus).
  5. Cacingan (ascariasis).
  6. Rheumatik.

Cara pengolahan Putri Malu untuk pengobatan:
Insomnia (Susah Tidur):
  • Untuk mengobati insomnia, sebanyak 30-60 gram daun Putri Malu direbus lalu airnya diminum.
  • Bisa juga dengan mencampur 15 gram daun Putri Malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus. Airnya kemudian diminum.
 Chronic bronchitis:
  •  Untuk mengobati penyakit bronchitis, 60 gram akar Putri Malu dicampur 600 cc air, lalu direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.
  •  Daun Putri Malu 30 gram, Akar peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.
Batuk dengan dahak banyak: Sedangkan bagi penderita batuk dengan dahak banyak, akar Putri Malu sebanyak 10-15 gram direbus lalu airnya diminum.
 
Ascariasis: Daun Putri Malu 15 – 30 gram direbus, lalu airnya diminum.
 
Rheumatik: 15 gram akar Putri Malu direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.
 
Hepatitis: Putri Malu ini mengandung tanin, mimosin, dan asam pipekolinat dan berkhasiat untuk mencegah dan mengobati hepatitis. Caranya dengan merebus Putri Malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin. Khasiat lain ternyata Putri Malu,
 
Mengkonsumsi akar Putri Malu secara berlebihan (over dosis) dapat menyebabkan keracunan  dan muntah-muntah, untuk itu Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi akar Putri Malu karena khawatir dapat mengganggu perkembangan janin.
 
Daun Putri Malu sangat berkhasiat untuk memulihkan lemah Syahwat. Caranya mudah: Kumpulkan 10 - 15 Lembar Daun Putri Malu tsb, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, jadikan 1 gelas saja. Air hasil rebusan itu disaring kemudian diminum selagi masih hangat, khasiatnya akan terasa sekitar 30 menit kemudian setelah meminumnya.
Read Full 0 komentar
 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks