Tuesday, October 12, 2010

Menghilangkan Noda Pada Pakaian

1. Menghilangkan noda minyak/lemak pada pakaian
  • Taburkan bedak pada pakaian yang terkena noda, kucek pakaian, setelah itu cuci menggunakan sabun.
  • Atau bisa dihilangkan juga dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium.
  • Untuk baju yang berbahan sutra (baik yang alami /sintetis) noda lemak bisa dihilangkan dengan bensin. Caranya dapat dilakukan dengan menggosokkan sepotong kain yang sudah dibasahi bensin pada bagian yang terkena noda, lalu semprot daerah yang terkena noda tersebut dengan bedak, kemudian hilangkan bedak tersebut dengan sikat yang lembut, dan ulangi proses ini berkali-kali.
  • Pada baju dengan bahan dari wol, noda lemak bisa dihilangkan dengan bensin atau menggosok-gosoknya dengan campuran terpentin (minyak tusam) dan alkohol putih dengan takaran yang sama.
2. Noda Tinta
  • Letakkan bagian yang ternoda diatas sebongkah es untuk membekukan noda tersebut. Jika masih ada bekas-bekas yang tertinggal maka hilangkan dengan asetat (cuka asam).
  • Atau dengan merendamnya di dalam kerosin, kemudian hilangkan bekas-bekas yang masih ada dengan bensin.
  • Dapat juga dengan cara merendam bagian yang terkena noda dalam cairan susu.
  • Air jeruk lemon yang telah ditambahkan garam juga dapat menghilangkan noda tinta. Untuk baju putih, Anda dapat menggunakan alkohol. Untuk baju berwarna, gunakan air yang dicampur dengan cuka beralkohol. Semprotkan hairspray pada area yang ternoda kemudian lap dengan kain. Ulangi sampai noda benar-benar hilang.
  • Sabun colek bukan sekedar pembersih perabotan dapur dan pakaian, tapi bisa menghilangkan noda tinta di baju atau celana. Caranya, rendam pakaian yang terkena noda tinta selama 15 menit dengan air biasa. Setelah itu, ambil sabun colek dan oleskan pada pakaian yang terkena noda tinta, lalu dikucek sampai noda tinta hilang.
3. Noda Lipstick.
Basahi kain bersih kemudian olesi sedikit mentega. Sapukan pada bagian yang ternoda. Lalu cuci seperti biasa. Atau dapat juga menggunakan cairan penghilang noda, ammonia, hairspray ataupun make-up remover.

4. Noda Cat Rambut.
Rendam baju ke dalam air panas yang telah dicampur dengan 5% sodium dithiorite (biasa digunakan sebagai reducing Agent yang kuat dalam beberapa formula bleaching). Setelah itu cuci seperti biasa. Bila nodanya terkena kulit, bubuhkan sedikit abu rokok pada sehelai kain yang sudah dibasahi. Kemudian gosokkan pada kulit yang terkena noda cat rambut.

5. Noda Foundation.
Untuk mengatasi noda foundation pada baju, bubuhi tissue dengan make-up remover kemudian tepuk-tepukkan pada area yang terkena noda. Lalu cuci dengan tangan dan tak perlu disikat.

6. Noda Oksidan
Jika pakaian yang ternoda ini berasal dari bahan katun, kapas dan berwarna putih maka basahilah kain yang ternoda, lalu letakkan di ember kecil dan siram dengan air mendidih, kemudian tambahkan lapisan asam lemonik dan kucek dengan lembut. Biarkan rendaman beberapa detik, kemudian siram lagi dengan air mendidih atau letakkan pakaian tersebut di dalam larutan panas berupa asam aksalik dengan takaran 1/2 sendok yang dicampurkan ke segelas air.

7. Noda Darah
Rendam baju/kain tersebut di dalam larutan boraks yang panas. Jika pakaian yang terkena noda darah ini bisa dicuci, gunakanlah larutan penghilang warna untuk pakaian putih atau larutan boraks untuk yang berwarna. Jika tidak boleh dicuci, buatlah adonan dari amonia dan tempelkan pada noda. Tunggu beberapa saat hingga amonia menyerap noda tersebut. Setelah amonia kering, sikatlah dengan sikat lembut dan ulangi proses ini sesuai kebutuhan.

8. Noda Keringat
Noda keringat dapat dihilangkan dengan larutan penghilang warna jika memang baju yang terkena noda ini tidak berwarna atau berbahan katun putih. Tetapi jika berwarna dan berbahan selain katun, noda bisa dihilangkan dengan larutan ultraoksida edrogen (air oksigen) yang telah dibubuhi amonia.

9. Noda Teh dan Kopi
Jika baju yang terkena noda teh dan kopi berasal dari katun atau kapas, rendamlah pada larutan panas dari asam tartaric atau didalam larutan panas boraks. Jika baju yang terkena noda berbahan sutra alami ataupun sintetis/wol maka rendamlah di larutan boraks yang hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) yang hangat.

10. Terbakar Rokok. :
Rendam secarik kain dalam air beroksigen, kemudian letakkan pada tempat yang terkena abu panas tadi. Kemudian cucilah dengan cairan pemutih dan air hangat.

11. Noda Buah-buahan
Noda buah-buahan bisa diatasi dengan larutan boraks yang telah dididihkan selama beberapa menit atau dengan larutan penghilang warna.

12. Menghilangkan Luntur dan warna yang pudar pada pakaian
Rendam pakaian tersebut selama sekitar 30 menit dalam larutan asam cuka yang telah dicampur dengan deterjen. Dengan cara itu, pakaian yang luntur akan bersih kembali. Anda mungkin pernah kesal ketika pakaian berwarna kesukaan anda warnanya cepat pudar. Jika ini terjadi, jangan khawatir, atasi dengan resep berikut ini: Tuangkan shampoo secukupnya dengan air dan kocok hingga berbusa. Rendam pakaian berwarna anda kurang lebih 30 menit. Cuci dan bilaslah seperti biasa, dan dijemur di tempat yang agak teduh. Lakukanlah dengan teratur maka warna pakaian tidak akan cepat pudar

13. Menghilangkan Noda Getah pada Pakaian
Pada bagian yang ternoda teteskan 2-3 tetes minyak tanah, rendam pakaian tersebut dalam air untuk beberapa saat, angkat pakaian. Pada bagian ternoda olesi sabun detergen, gosok perlahan dengan sikat gigi. Tak lama kemudian getah akan hilang. Jika getah sudah hilang, cucilah pakaian seperti biasa menggunakan sabun.

14. Agar Sprei Tidak Kusut
Sprei yang baru dipasang terkadang terlihat kusut. Untuk menghindari hal ini, ambil 1 sendok tepung kanji ,masak dengan 3 gelas air, setelah matang masukkan larutan tersebut dalam satu ember air, aduk hingga rata, masukkan sprei yang sebelumnya sudah dicuci dengan bersih, angkat sprei,jemur, bila sudah kering disetrika. Dengan cara seperti itu, niscaya sprei anda tidakakan kusut lagi ketika dipasang.

Selamat mencoba.

2 komentar:

zul said...

ini trik yg bagus dan sangat bermanfaat

butterfly said...

Halo Admin http://puspa-notes.blogspot.com

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://puspa-notes.blogspot.com
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar atas.
Dan kami akan menampilkan link http://puspa-notes.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur.

Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

Terima kasih atas kerjasamanya :)
Salam,

-- Humas Vemale.com
Ari Rahmawati

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks