Thursday, October 18, 2012

Batuk Berdahak & Sesak Nafas

Batuk adalah refleks alamiah untuk mengeluarkan benda asing yang mengganggu alat pernafasan. Dahak yang dihasilkan saat batuk pun berfungsi membersihkan saluran udara ke paru-paru.

Penyebab batuk terbagi menjadi dua, yaitu sebagai refleks atas pertahanan tubuh, dan gejala sesuatu atau beberapa penyakit yang bersarang di dalam tubuh. Yang bisa menyebabkan batuk adalah seluruh penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan dan paru seperti TBC, pneumonia, kanker, sinusitis dan lain-lain. Penyakit dari organ lain yang bisa mempengaruhi saluran pernafasan dan paru seperti ginjal, sirosis hati, serta gangguan gastritis juga bisa menjadi penyebab batuk.

Berdasarkan lamanya, batuk dapat dikelompokkan menjadi batuk akut dan kronis. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari dua minggu, biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan, misalnya flu. Adapun batuk kronis adalah batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu. Pada beberapa kasus, ada batuk yang disertai dengan demam dan tangan berkeringat. Hal ini menandakan, adanya infeksi di dalam saluran pernafasan.

Sebagai mekanisme pertahanan tubuh, batuk sebenarnya bermanfaat bagi tubuh. Dahak berwarna bening yang dikeluarkan saat batuk bermanfaat untuk membersihkan saluran pernafasan dari udara kotor dan beracun, mengeluarkan dahak yang menumpuk, melegakan nafas, serta mengeluarkan makan dan minuman atau benda-benda yang mengganggu saluran pernafasan.

Pada dasarnya, dahak adalah cairan atau lendir yang dikeluarkan tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan. Biasanya, lendir yang menumpuk akan dikeluarkan dari saluran nafas melalui mekanisme batuk. Jadi, keluarnya dahak yang menumpuk merupakan suatu mekanisme dari pertahanan tubuh untuk melancarkan saluran pernafasan dari berbagai gangguan yang menyumbat.

Dahak yang baik adalah yang berwarna putih bersih, bila dahak sudah berwarna kuning atau hijau. Bisa jadi dokter anda menyuruh memeriksakan dahak anda ke laboratorium, untuk memastikan apakah telah terjadi di di dalam saluran pernafasan dan paru anda.

Rontgen toraks adalah penyinaran sinar X pada daerah dada. Tujuannya, untuk mendeteksi apakah paru-paru anda dalam keadaan baik atau sebaliknya. Hasil dari foto toraks dapat memperlihatkan kelainan paru-paru yang berukuran 1 cm.

Sumber: Walau Setitik at 9/04/2006 02:21:00 PM

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks