Pithecollobium (Jengkol)

Sunday, February 27, 2011
Jengkol mempunya khasiat bagi kesehatan kita karena ia kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

1. Mengandung KALSIUM
Jengkol juga sangat baik bagi kesehatan tulang karena tinggi kandungan kalsium, yaitu 140 mg/ 100gr. Peran kalsium pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur proses biologis dalam tubuh. Keperluan kalsium terbesar adalah pada saat masa pertumbuhan, tetapi pada masa dewasa konsumsi yang cukup sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan tulang. Konsumsi kalsium yang dianjurkan pada orang dewasa adalah 800 mg per hari.

2. Mengandung PROTEIN
Jengkol merupakan sumber protein yang baik, yaitu 23,3 gr per 100 gr bahan. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh. Karena itu, protein sering disebut zat pembangun. Protein juga memberikan efek menenangkan otak. Protein membantu otak bekerja dengan cepat dalam menerima pesan. Bagi anak-anak, protein sangat berperan untuk perkembangan tubuh dan sel otaknya. Pada orang dewasa, apabila terjadi luka memar dan sebagainya, protein dapat membangun kembali sel-sel yang rusak.

3. Mengandung FOSFOR
Kandungan fosfor pada jengkol (166,7 mg/100 g) juga sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta untuk penyimpanan dan pengeluaran energi.

4. Mengandung VITAMIN C
Kandungan vitamin C pada 100 gram biji jengkol adalah 80 mg, sedangkan angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari adalah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C mempunyai peran sebagai pembentukan hormon steroid dari kolesterol, Oksidasi fenilalanin menjadi tirosin, Reduksi ion ferri menjadi ferro dalam saluran pencernaan sehingga besi lebih mudah untuk diserap, Melepaskan besi dari transferrin dalam plasma agar dapat bergabung ke dalam ferritin (simpanan besi) jaringan, Pengubahan asam folat menjadi bentuk yang aktif, yaitu asam folinat.

5. Mengandung ZAT BESI
Jengkol cukup kaya akan zat besi, yaitu 4,7gr per 100gr. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Gejala-gejala orang yang mengalami anemia defisiensi zat besi adalah kelelahan, lemah, pucat dan kurang bergairah, sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Penderita anemia kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah sulit menelan. Remaja, wanita hamil, ibu menyusui, orang dewasa, dan vegetarian adalah yang paling berisiko untuk mengalami kekurangan zat besi. Di dalam tubuh, zat besi sebagian terletak dalam sel-sel darah merah sebagai heme, suatu pigmen yang mengandung inti sebuah atom besi.
Read Full 0 komentar

Vitamin & Kesehatan Mata

Saturday, February 12, 2011
Selain vitamin A, masih banyak vitamin untuk mata lainnya yang berperan penting dalam menjaga, melindungi, dan meningkatkan kualitas mata. Terdapat beberapa zat lain yang baik untuk kesehatan mata. Walaupun memang vitamin A sangat bermanfaat bagi mata karena mampu mencegah kebutaan dan xerophthalmia atau kondisi mata kering yang bisa berujung pada penyakit katarak.

1. Lutein dan zeaxanthin: Zat lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu menjaga kesehatan retina dengan tak hanya menunda perubahan di dalam retina, tapi juga mampu menjadi penyokong protein. Lutein dan zeaxanthin bisa ditemukan pada sayuran hijau khususnya bayam dan jagung.

2. Vitamin C: Vitamin C dikenal sebagai nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga sebagai antioksidan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, mencegahnya dari katarak, serta melindungi retina mata. Bila Anda seorang perokok, peminum, atau pengidap diabetes, ada baiknya meningkatkan asupan vitamin C karena biasanya golongan tersebut memiliki vitamin C yang sedikit pada tubuhnya. Cobalah untuk mengkonsumsi jeruk, paprika, kentang, dan sayuran hijau lainnya.

3. Selenium: Selain vitamin A dan C, mineral juga penting bagi kesehatan mata. Contohnya adalah selenium yang membantu penyerapan vitamin E dan menghasilkan antioksidan. Makanan yang kaya akan selenium di antaranya kacang brasil dan makanan laut (seafood).

4. Zinc: Membantu tubuh menyerap vitamin A dan berperan sebagai enzim yang membantu mengurangi jumlah kandungan radikal bebas di dalam tubuh. Zinc juga mampu melindungi kita dari regenerasi makular. Makanan yang kaya akan zinc yakni gandum dan kacang.

5. Asam lemak omega 3: Makanan sumber asam lemak omega 3 yakni ikan berjenis cold water yang kaya akan EPA dan DHA seperti salmon dan kembung. Selain ikan, kita bisa mendapatkan zat ini dari minyak sayur. Bahkan, asam omega 3 telah banyak yang dikemas dalam bentuk suplemen.
Read Full 1 komentar

Cause Of Headache

Hati-hatilah bila sering mengalami sakit kepala. Gangguan kesehatan ringan ini sebenarnya bisa merupakan salah satu gejala dari penyakit yang lebih besar. Hal ini ada hubungannya dengan pengelompokan dua jenis sakit kepala. Sakit kepala utama disebabkan oleh disfungsi atau aktivitas yang berlebihan dari fitur-fitur yang sensitif terhadap rasa sakit di kepala. Pada kelompok kedua, yang juga lebih jarang, disebabkan oleh penyakit yang mendasar.

Ada lima jenis sakit kepala, yang penekanannya berangkat dari bagaimana rasa sakit itu dihasilkan. Menurut Clinical Methods, rasa sakit juga bisa terjadi pada setiap bagian dari kepala, termasuk kulit, otot-otot, pembuluh darah, sinus, struktur gigi, dan saraf-saraf wajah.

1. Vaskular, penyebab migrain
Rasa sakitnya disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah di dalam kepala. Tipe paling populer dari sakit kepala vaskular adalah migrain, yang menurut American Headache Society dialami sekitar 28 juta orang di Amerika. Migrain bisa kambuh, dan jika sedang muncul baru akan sembuh setelah 4-72 jam. Rasa sakitnya antara sedang sampai parah, dengan rasa berdenyut-denyut yang timbul pada satu atau dua sisi kepala. Gejala lain dari migrain adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau suara. Sebanyak 3 dari 4 penderita migrain adalah perempuan. Artinya, lebih banyak perempuan yang mengalami migrain daripada pria.

2. Cluster
Sakit kepala jenis ini adalah tipe lain dari sakit kepala vaskular. Namun kebalikan dari migrain, penyakit ini lebih banyak mendera kaum pria. Rasionya enam banding satu, demikian menurut Cluster Headache Support Group. Rasa sakit yang begitu menyiksa, bisa berlangsung selama 15-180 menit. Biasanya terjadi pada satu sisi kepala, di belakang mata, atau pada daerah pelipis. Sakit kepala biasa terjadi pada waktu-waktu tertentu, seringkali saat jam-jam tidur, selama 4-8 minggu.

3. Myogenik
Saat bekerja, Anda pasti sering merasa leher dan pundak Anda kaku. Kadang-kadang diikuti dengan sakit kepala. Sakit kepala jenis ini memang sering dianggap sebagai ketegangan akibat otot-otot yang menegang di leher, pundak, kulit kepala, atau rahang. Pemicunya bukan sekadar cara duduk yang salah, tetapi juga stres, gelisah, atau depresi. Tidak heran bila sakit kepala ini termasuk yang paling umum, dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada sebagian orang, rasa sakit juga diikuti dengan menurunnya nafsu makan.

4. Peradangan
Inilah urutan kedua sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan yang menghasilkan peradangan di dalam kepala. Tipe sakit kepala akibat peradangan yang paling umum adalah sakit kepala akibat sinus, yang disebabkan oleh peradangan pada sinus dan diperparah dengan reaksi alergik. Penyebab lain dari sakit kepala jenis ini adalah meningitis, dimana terjadi peradangan dari membran yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

5. Traction
Biasanya disebabkan oleh lesi yang menekan struktur dan pembuluh darah di kepala. Tumor metastatik (tumor maligna yang menyebar ke bagian tubuh lain), abses, atau hematoma (pembengkakan lokal yang terisi darah), bisa menyebabkan sakit kepala jenis ini. Rasa sakitnya akan lebih parah pada pagi hari, dan menjadi lebih parah saat pengidapnya batuk, buang air kecil, atau mengejan.

Sumber: Kompas 2010
Read Full 0 komentar

Nutrisi Untuk Kesehatan Kulit

Tuesday, February 8, 2011
Untuk mempercantik dan memperindah kulit tubuh kita, yang dapat dilakukan adalah menghabiskan waktu setiap hari dengan merawat kulit. Banyak sumber makanan alami yang kaya akan anti-oksidan dan mineral yang dapat membantu menyeimbangkan tubuh dan membuat kulit yang cerah. Gizi yang paling penting bagi kesehatan kulit adalah dengan makan sayuran mentah dan buah-buahan. Buah dan sayuran terdapat 3 nutrisi yang paling penting bagi kesehatan kulit yaitu air, trace mineral, & anti-oksidan.

Berikut adalah makanan yang akan membuat kulit tubuh menjadi lebih cerah:
1. Ketimun: kaya akan air, vitamin C, dan silika. Silika adalah jejak mineral yang sangat penting untuk jaringan ikat kuat dan luar biasa untuk kesehatan kulit. kekurangan Silika mengakibatkan elastisitas kulit berkurang yang menyebabkan kulit menjadi cepat keriput & tua.

2. Lobak: terdapat banyak air dan belerang yang mengandung asam amino sistein dan metionin. Belerang dikenal sebagai mineral untuk mempercantik dan membantu detoksifikasi tubuh kita. Lobak juga mengandung seng, vitamin C, fosfor, dan vitamin b yang penting untuk kesehatan kulit.

3. Bayam: kaya akan air, vitamin C, magnesium, folat, dan klorofil yang membantu booster kulit. Selain itu, bayam mengandung lutein, karotenoid, anti-oksidan dan zeaxanthin yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari stres oksidatif.

4. Telur organik: mengandung asam amino, seng, larut dalam lemak Vitamin A & E, biotin, selenium, metil, vitamin B. Zinc membantu mengontrol kadar minyak kulit dan mengurangi efek hormon androgenik. Zeng juga penting untuk pembentukan kolagen yang merupakan molekul protein yang membentuk jaringan ikat dan kulit. Selenium merupakan mineral anti-oksidan yang membantu meningkatkan elastisitas jaringan normal dan melindungi kulit dari kerusakan ultra-violet. Biotin adalah vitamin B kompleks yang membantu mempromosikan kulit yang sehat, dan vitamin A & E sangat penting anti-oksidan yang membantu melindungi kulit dari stres oksidatif.

5. Kunyit: mengandung phytochemical anti-oksidan polifenol yang disebut kurkuminoid yang memiliki sifat anti-oksidan 5-8 kali lebih kuat dari Vitamin E dan lainnya lebih terkenal anti-oksidan. Kunyit juga membantu untuk membersihkan, memurnikan, & menyehatkan kulit untuk mempertahankan elastisitasnya. Selain itu, ia membantu untuk mendukung flora alami yang melindungi kulit dari mikroba berbahaya.
Read Full 1 komentar

Menstruation

Saturday, February 5, 2011
Masa subur adalah masa dimana tersedia sel telur yang siap untuk dibuahi. Masa subur berkaitan erat dengan menstruasi dan siklus menstruasi. Masa subur ditandai oleh kenaikan Luteinizing Hormone (LH), Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan estrogen. Selain itu siklus juga dipengaruhi oleh kondisi psikis si wanita jadi, bisa maju atau mundur. Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut akhirnya membentuk siklus menstruasi. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai tepat satu hari pertama haid bulan berikutnya. Siklus menstruasi berkisar antara 21-40 hari hanya sekitar 10-15 persen wanita yang memiliki siklus 28 hari.

Menstruasi yang pertama kali (menarke) sering terjadi pada usia 11 tahun tetapi bisa juga terjadi pada usia 8 atau 16 tahun. Menstruasi merupakan pertanda masa reproduktif pada kehidupan seorang wanita yang dimulai dari menarke sampai terjadinya menopause. Pada awalnya, siklus mungkin tidak teratur. Jarak antara dua siklus bisa berlangsung selama 2 bulan atau dalam 1 bulan mungkin terjadi 2 siklus. Hal ini adalah normal, setelah beberapa lama siklus akan kembali teratur.

Untuk menghitung siklus menstruasi bisa dilakukan dengan membuat catatan pada kalender. Silanglah setiap hari pertama haid, hitung jumlah hari dari hari yang disilang sampai hari yang disilang pada bulan berikutnya. Dengan demikian pola siklus Anda dapat diketahui. Hal ini sangat berguna untuk menentukan kapan masa subur dan ovulasi terjadi. Setiap bulan, setelah hari ke-5 dari siklus menstruasi, endometrium mulai tumbuh dan menebal sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan. Sekitar hari ke-14, terjadi pelepasan telur dari ovarium (ovulasi) . Sel telur ini masuk dalam salah satu saluran falopian dan jika pada saat ini terdapat sperma yang masuk maka terjadilah pembuahan. Jika terjadi pembuahan sel telur yang telah dibuahi tersebut akan masuk kedalam rahim dan mulai tumbuh menjadi janin.

Pada sekitar hari ke-28, jika tidak terjadi pembuahan, maka endometrium akan meluruh dan terjadilah siklus menstruasi berikutnya, Menstruasi bisa berlangsung selama 3-5 hari, kadang hingga 7 hari. Proses pertumbuhan dan penebalan endometrium kemudian dimulai lagi pada siklus berikutnya.
Read Full 0 komentar
 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks