Monday, April 30, 2012

Makanan Sebagai Pengganti Obat

Beberapa makanan mampu bekerja seperti obat yang membantu menyembuhkan apa yang mengganggu Anda. Entah itu stres, sakit kepala, mual, atau susah tidur, kini Anda bisa mengurangi pemakaian obat-obatan untuk mengatasinya.

Kelelahan
Butuh kopi untuk mengatasi rasa lelah untuk sementara? Nanti dulu. Coba nikmati setangkup roti isi, Namun, perhatikan isi roti tersebut. Daripada menggunakan selai buah yang manis karena mengandung gula, lebih baik olesi roti Anda dengan selai kacang atau pisang.  Pisang bisa mendongkrak energi, karena buah ini mengandung karbohidrat, potasium, dan serat. Ketika dipadukan dengan protein dari selai kacang dan roti gandum, Anda pasti langsung merasa mendapat tambahan energi dan siap bekerja kembali.

Sakit kepala
Atasi rasa sakit dengan menghidrasi tubuh Anda dengan makanan yang mengandung banyak air dan nutrisi, seperti semangka, karena Kandungan air yang tinggi pada buah semangka dan buah-buahan atau sayuran lain bisa meredakan sakit kepala. Makanan ini juga menjadi sumber mineral penting seperti magnesium, yang merupakan kunci menghentikan sakit kepala yang berdenyut," katanya. Makanan lain yang kandungan airnya tinggi antara lain mentimun, melon, tomat, buah beri, dan selada.

Stres
Para ahli mengatakan, inilah saatnya Anda melupakan mitos yang mengatakan bahwa cokelat menyebabkan kegemukan. Menurut para peneliti, mengkonsumsi 40 gr dark chocolate sehari bisa menurunkan kortisol (hormon stres) dan katekolamin (hormon yang menyebabkan tekanan darah tinggi) pada tubuh, mengurangi kegelisahan, dan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan pada waktunya. Satu hal lagi yang pasti Anda ingat, cokelat juga mengandung methylxanthine, yang mencetus pelepasan dopamin dalam tubuh. Hal inilah yang membuat Anda mudah merasa dimabuk kepayang dan membuat hubungan dengan pasangan semakin bergairah.

Sulit tidur
Sup ala Jepang Miso Soup mengandung tryptophan, asam amino yang memproduksi  serotonin dan melatonin, yang bisa membantu Anda merasa mengantuk lebih cepat. Makanan lain yang mengandung tryptophan yang tinggi antara lain yogurt tanpa lemak, sup lentil, biji bunga matahari, dan kalkun. Sementara itu, anggur dan makanan yang mengandung gula (termasuk buah) sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang jam tidur.  Sangat penting untuk menghindari buah-buahan dan gula simpleks pada petang hari, karena desakan insulin bisa terjadi sewaktu kita tidur.

Pusing akibat konsumsi alkohol berlebihan
Minum alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi, suatu proses yang bisa menyerap kadar potasium dalam tubuh Anda. Akhiri pusing akibat alkohol atau nyeri lainnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya potasium, seperti kentang (pastikan Anda memakan juga kulitnya, dimana nutrisinya paling banyak terdapat kulit). Baked potato ukuran kecil saja sudah mengandung 759 mg potasium, sedangkan pisang ukuran sedang hanya mengandung 422 mg.

Mual
Kunyah beberapa permen jahe. Campuran rasa manis dan pedas pada makanan olahan jahe diyakini oleh para peneliti mampu menghentikan rasa mual. Jahe sudah terbukti mampu menenangkan perut dan bertindak sebagai antiperadangan, dan membantu mengurangi mual.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks