Wednesday, September 21, 2011

Mati Mesin Pada Motor Matic

Pernahkan anda mempunyai masalah sepeda motor matic anda mati mesin sewaktu dipergunakan? Problem ini memang banyak ditemui oleh pengguna motor matic, apalagi motor matic anda masih baru (artinya masih setelan pabrikan).

Penyebab timbulnya masalah ini adalah rasio kompresi yang cukup tinggi untuk kendaraan motor matic ini. Rata-rata kendaraan roda dua yang umum mempunyai rasio kompresi antara 9 : 1 sampai 10 : 1, namun rasio kompresi vario lebih dari itu yaitu 10,7 : 1, akibatnya jika kita gunakan BBM (bensin) dengan nilai oktan yang rendah bensin akan lebih terbakar duluan daripada percikan busi.

Akibatnya kadang-kadang terjadi ngelitik dan tidak ada tenaga, kadang mesin jadi mati. Sehingga sebenarnya yang paling cocok adalah menggunakan BBM dengan nilai oktan lebih dari 90 (Pertamax ke atas).

Nah, kenapa kejadian ini tidak terjadi pada semua motor matic khususnya Vario ? Jawabannya adalah setelan klep/katup bahan bakarnya tepat sehingga menggunakan BBM Premium-pun tidak timbul masalah. Jadi untuk lebih baiknya mintalah ke bengkel untuk setel klep untuk medapatkan derajat pengapian (iginition timing) ke posisi lebih lambat, jika tetap ingin pakai premium. Semoga bermanfaat

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks