Sunday, July 31, 2011

Sahur Dan Berbuka Puasa

Sahur dan buka puasa di bulan ramadhan ini tentunya harus kita perhatikan, mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan keseimbangan vitamin di dalamnya tentunya akan berakibat kurang baik bagi tubuh kita. Ada beberapa pengaruh buruk apabila kita tidak memperhatikan pola makan atau pun menu makanan yang dihidangkan ketika sahur, contohnya mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang pedas. Banyak yang mengatakan bahwa ketika sahur lebih baik mengkonsumsi makanan pedas, sehingga mata menjadi tidak mengantuk lagi. Sebenarnya hal terebut kurang tepat, karena terlalu banyak makanan pedas dapat menyebabkan sakit pada lambung, dan tentunya akan mengakibatkan luka pada bagian dalam perut, karena ketika bangun tidur, organ dalam perut baru saja beristirahat bekerja. Sehingga apabila langsung mengkonsumsi makanan pedas, maka akan mengakibatkan luka pada lambung.

Begitu juga ketika berbuka puasa, hindarilah langsung mengkonsumsi makanan pedas dan juga langsung mengkonsumsi banyak makanan karena merasa lapar. Hal tersebut akan mengakibatkan perut anda sakit.

Tak sedikit orang yang memilih tidur setelah sahur biar tak mengantuk saat beraktivitas pagi harinya. Hati-hati, tidur usai sahur tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, ada cara sehat bila ingin tidur habis sahur. Tidur setelah makan tidaklah sehat menurut ilmu kedokteran. Hal ini karena sistem pencernaan masih belum selesai mengerjakan tugasnya, terutama lambung.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks