Sunday, November 14, 2010

Mie Instan, Berbahayakah?

Sudah bukan hal yang baru lagi jika sering memakan mie instan memang tidak menyehatkan. Tetapi, sebenarnya mie instan tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Jika setiap hari memakan mie instan dampaknya tentu membahayakan kesehatan, terutama merusak organ ginjal. Karena kadar natrium dalam mie instan akan menetralkan lambung, sehingga lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan. Keadaan asam lambung yang tinggi akan mengakibatkan pengikisan dinding lambung dan menyebabkan rasa perih. Dalam proses pembuatannya, mie instan yang mempunyai bentuk sangat panjang dilipat, digoreng, dan dikeringkan dengan oven panas. Dalam proses penggorengan ini, mie akan mengandung lemak.

Bagi penderita hipertensi, natrium akan meningkatkan hipertensi, natrium akan meningkatkan tekanan darah karena ketidakseimbangan antara bumbu-bumbu yang terdapat dalam kemasan makanan instan, mengandung bahan pengawet, kadar MSG, dan garam yang tinggi. Apabila bahan pengawet dan MSG ini dikonsumsi secara terus-menerus secara berkepanjangan maka akan berdampak buruk pada kesehatan. Kandungan utama yang lain dari mie adalah karbohidrat, protein tepung (gluten), dan lemak, baik yang dari mie nya sendiri maupun minyak sayur dalam sachet. Jika dilihat komposisi gizinya, mie memang tinggi kalori, tapi kurang zat-zat gizi penting lain seperti vitamin, mineral dan serat.


Tips memasak mie instan agar lebih aman.
masak air sampai mendidih, dengan takaran air dua kali lebih banyak dibandingkan masakan mie instan dengan cara biasa. Jika air sudah benar-benar mendidih, pisahkan air menjadi dua bagian misalnya anda tuang ke dalam dua panci yang berbeda. Masukkan mie ke panci pertama dan didihkan kembali. Tunggu hingga air menjadi agak menguning, setelah itu, angkat dan tiriskan.

Oleh sebab itu, kurangilah makan makanan yang serba instan terutama mie instan. Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengalami sakit.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks