Friday, November 12, 2010

Menjaga Kesuburan Rambut

Memiliki Rambut yang panjang dan lebat adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita, namun kadang kita merasa tidak percaya diri saat rambut rontok dan susah tumbuh panjang, tetapi tidak perlu frustasi selama usia masih memungkinkan untuk tumbuh rambut yang panjang dan indah.

Berikut tips yang bisa membantu mengatasi masalah rambut:
1. Buatlah aliran darah dikepala menjadi lancar sehingga pasokan nutrisi menjadi lebih banyak menuju ke arah rambut.
Caranya:
- Pijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari, lakukan kapan saja pada waktu keramas atau pada waktu kering
- Tundukkan kepala sebelum tidur, sikat rambut dengan lembut mulai akar sampai ujung rambut
- Rutinlah olah raga yang memacu kekuatan jantung seperti aerobik, jogging dan lain-lain, sehingga memacu jantung untuk mempompa nutrisi lebih cepat ke seluruh tubuh dan juga memasok sampai ke kepala.

2. Hilangkan ujung rambut yang rusak
Rambut yang rusak dan bercabang bisa merambat ke batang rambut sehingga batang rambut ikut rusak jika tidak di rawat. Jika dibiarkan terlalu lama seluruh rambut dapat menjadi rusak,
Cara pencegahanya: kunjungi penata rambut/salon langganan setiap 8-10 minggu sekali, dan minta ia untuk men-trim ujung rambut. Tegaskan bahwa Anda hendak memanjangkan rambut sehingga ia hanya memotong ujung-ujung rambut yang pecah- pecah saja. Biasanya penata rambut tersebut akan memotong dalam keadaan kering karena sangat sukar mendeteksi ujung rambut yang pecah dalam keadaan basah.

3. Biarkan kulit kepala bernapas
Rambut yang tertutup terus menerus akan membuat minyak dan kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Agar pertumbuhan rambut berjalan baik, maka jaga agar kulit kepala senantiasa bersih. Jika Anda sering berkeringat, atau rambut sering berminyak maka tidak ada salahnya untuk melakukan keramas tiap hari dengan menggunakan sampo yang sangat lembut. Jangan lupakan pula akan kebersihan perangkat rias rambut, terutama sisir. Sisir dan sikat rambut yang kotor membuat kotoran menumpuk kembali menempel di rambut dan kulit kepala tiap kali kita memakainya.

4. Manjakan rambut Anda
Perlu diketahui bahwa rambut panjang adalah rambut yang tua dan cenderung rapuh, karena itu perlakukan dengan sangat hati-hati.Pilih shampo yang lembut dengan kandungan pelembap. Jikamenggunakan hairdryer, catok dan sebagainya, olesi dengan kondisoner dan serum setelah keramas tanpa dibilas. Berguna untuk melindungi rambut dari suhu tinggi. Seminggu sekali gunakan masker rambut. Selain itu, cermati cara Anda menata rambut. Jangan terlalu sering mengikat rambut ke belakang dengan kencang. Akan membuat rambut mudah patah.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks