Monday, October 18, 2010

Jambu Biji Dan Khasiatnya

Jambu biji/klutuk memiliki sejumlah zat aktif yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat, terutama daunnya banyak mengandung minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, dan beberapa vitamin, terutama vitamin A, B, C dan beberapa mineral. Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Akar dan kulit batang jambu biji/klutuk dapat digunakan sebagai decoct atau infusum, obat diare, atau gastroenteritis (radang selaput lendir lambung dan usus) terutama pada anak-anak. Selain itu, batangnya bisa juga digunakan sebagai obat sariawan. Bahkan di pedesaan, seduhan campuran daun jambu biji dengan daun sirih, sering digunakan untuk mencuci lubang senggama agar tidak gatal-gatal karena bakteri.

Daun jambu biji punya kegunaan untuk:
1. Menyembuhkan penyakit sering buang air (kencing). Makanlah setiap pagi dan sore 3 pucuk daun jambu klutuk dengan garam sebesar dua butir merica.

2. Menghilangkan bintik-bintik hitam atau bercak-bercak bekas jerawat. Setiap pagi gosok-gosoklah bintik-bintik hitam itu dengan daun jambu klutuk yang masih muda.

3. Sebagai obat untuk sariawan:1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji, direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.

4. Sebagai obat untuk sakit Perut/diare pada bayi yang masih menyusui: Jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Menyembuhkan masuk angin: ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 2 kali sehari.

6. Mengobati diabetes Mellitus: ambil 1 buah jambu biji setengah masak dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

7. Sakit Perut (Diare dan Mencret): 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks