Thursday, June 3, 2010

Tubuh Sehat Dan Bebas Racun

Tanpa disadari makanan yang kita makan sehari-hari banyak mengandung bahan pengawet, penyedap buatan, pestisida dan zat pewarna. Ketika kita memakannya, racun yang terkandung ikut termakan dan mengendap dalam tubuh. Racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dan kulit. Biasanya penyebab utamanya adalah kualitas udara yang tercemar polusi kimia seperti asap kendaraan bermotor, rokok dan asap industri.

Racun yang dibiarkan menumpuk didalam tubuh dan tidak segera dihilangkan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, pembuluh darah sampai jantung. Jika sudah demikian, penyakit-penyakit berat akan timbul. Beberapa penyakit yang diakibatkan menumpuknya racun, antara lain alergi, radang sendi, obesitas, diabetes, aterosklerosis, masalah pencernaan, pengerasan hati, gangguan ginjal, kanker dan jantung.

Tubuh kita memiliki mekanisme yang mampu menetralisir dan membuang racun yang masuk, yaitu hati dan ginjal. Akibat banyaknya racun didalam tubuh dapat membuat organ tubuh tidak bekerja secara optimal. Karena itu, diperlukan usaha lain dalam membuang racun (yang disebut detoksifikasi).

Cara-cara mendetoksifikasi tubuh :
  1. Puasa : Merupakan cara alami yang cukup efektif membuang racun yang menempel di organ tubuh. Tidak adanya makanan yang masuk membuat sistem pencernaan beristirahat sejenak untuk melakukan regerasi sel.
  2. Kurangi asupan beracun : Jika belum mampu menghindari, sebaiknya kurangi makanan berlemak jenuh dan lemak trans, minuman alkohol, daging, kafein, gula dan garam. Dengan begitu, cara kerja ginjal menjadi lebih ringan.
  3. Makan buah-buahan dan sayur : Rajin mengkonsumsi semua buah dan sayur beragam warna, misalnya pepaya, nanas, apel, melon, anggur, tomat, wortel, brokoli, selada dan lain-lain. Buah dan sayuran tersebut kaya antioksidan yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh.
  4. Minum suplemen : Suplemen herbal yang mengandung vitamin dan mineral dapat digunakan untuk membersihkan racun dalam tubuh, yang penting suplemen tersebut berasal dari sumber alami.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks