Monday, January 18, 2010

KESEHATAN MATA

Banyak keluhan tentang mata kering dengan gejala pedih, gatal, atau serasa terbakar. Namun, umumnya masalah mata dianggap tidak serius. Tetapi sebenarnya masalah mata kering sangat umum diderita, rasa tak nyaman dimata disebakan abrasi karena cairan mata berkurang.

Penyebab Mata kering:
* Proses menua
* Kondisi kering diluar rumah/gedung (udara berangin) atau lingkungan kerja(AC)
* Terkena sinar matahari
* Terkena asap rokok
* Obat-obat flu dan alergi.
* Luka pada mata atau masalah lainnya (drooping eyelid, bulging eyes)
* Sjogren's syndrome
* Operasi mata

Perawatan Mata kering
Agar mata kering terasa nyaman kembali :
* Gunakan obat tetes mata berupa airmata buatan
* Jangan merokok, jangan keluar rumah saat cuaca berangin, atau jangan terlalu lama berada
diruang ber-AC.
* Jika terpaksa seharian berada diruang ber-AC maka gunakan mesin pelembab udara.
* Sering-sering mengedipkan mata jika mata terasa kering saat bekerja dengan komputer.
* Istirahatkan mata.

6 Vitamin dan Herba untuk menjaga kesehatan mata:
1. BILBERRY, digunakan untuk gangguan pencernaan dan gangguan mata. Zat aktif yang berperan adalah anthocyanoide yaitu salah satu tipe flvonoid. Antosianosid adalah antibiotik yang membantu meningkatkan aliran darah di pembuluh kapiler mata. Membantu mata cepat menyesuaikan diri dalam pergantian cahaya, dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Suplemen bilberry yang diminum bersama vitamin E terbukti efektif menghambat laju katarak, juga digunakan mengobati retinopati akibat diabetes, dan menghambat macular degeneration yaitu kerusakan makula (daerah kecil dibelakang mata) yang menyebabkanpenglihatan kabur.

2. Vitamin A, sangat penting untuk ketajaman penglihatan mata pada malam hari, dan juga memegang peran dalam menghambat laju katarak. Selain sebagai suplemen, juga bisa didapat dalam wortel, ubi merah dan hati.

3. EYEBRIGHT, merupakan obat mata yang digunakan sehari-hari dirumah. Disini dikenal sebagai kembang telang (clitorea ternates linn). Cuci bunga lalu rendam dalam air panas, biarkan dingin. Angkat bunga, gunakan air rendaman untuk mencuci mata (mengompresnya).

4.GRAPESEED, baik untuk sirkulasi periferal mata. Juga memperkuat pembuluh kapiler mata.

5. LUTEIN, merupakan salah satu tipe nutrisi karotenoid. Lutein termasuk beta karotenoid dan alfa karotenoid yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Lutein terutama terdapat dalam persentase tinggi didalam makula mata. Bermanfaat menghambat penyakit macular degeneration yang menyebabkan kebutaan. Dalam hal ini, lutein bekerja dalam kapasitas nya sebagai antioksida.

6. OMEGA 3 FATTY ACID, asam lemak ini mengurangi gejala tidak nyaman yang disebabkan mata kering. Ini hasil penelitian Harvard Medical School di Amerika. Dosis suplemen omega 3 adalah 3-6 mg perhari.

Solusi lain untuk menanggulangi mata pedih karena seharian bekerja dengan komputer atau terpapar bumbu-bumbu dapur karena seharian memasak, adalah mengompresnya dengan es susu yang fungsinya untuk membantu menyempitkan pembuluh darah, sedangakan lemak susu membuat nyaman kulit/mata kering.

0 komentar:

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks