Tuesday, January 26, 2010

Kesehatan Gigi

Dengan semakin bertambahnya usia, tidak hanya masalah penyakit degeneratif yang perlu diperhatikan, tetapi kesehatan gigi dan mulut harus dijaga. Karena, saat usia lanjut banyak orang yang mengalami keluhan penurunan fungsi gigi. Penurunan fungsi gigi sebenarnya merupakan bagian dari proses penuaan. Penurunan kondisi tulang dan gigi berkaitan dengan masalah fisiologis, patologis, dan sistematik

Fisiologis menyangkut kondisi normal, artinya proses yang merupakan bagian dari penuaan. Patologi berkaitan dengan kondisi tidak normal, antara lain faktor genetik, kurang nutrisi, dan gaya hidup tidak sehat. Adapun yang dimaksud faktor sistematik adalah penyakit-penyakit seperti diabetes.

Hal-hal tersebut mengakibatkan gangguan metabolisme dan penyerapan kalsium pada tubuh. Salah satu efeknya adalah terjadi pengeroposan pada tulang penyangga gigi. Akibatnya orang yang sudah usia lanjut lebih cepat ompong.

Periode rawan penurunan fungsi tulang dan gigi untuk wanita dan pria berbeda, fungsi tulang dan gigi wanita lazimnya akan mulai menurun pada usia 49 tahun, sedangkan pria pada usia 64 tahun. Meskipun demikian, start penurunan fungsi tulang dan gigi tersebut bisa diperlambat dengan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, mengatur kebutuhan nutrisi sesuai dengan usia, dan mengenali penyakit sistemik dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang mengandung zat perangsang metabolisme kalsium, seperti susu kedelai, juga sangat dianjurkan, yang penting hindari stres karena akan mengganggu metabolisme tubuh dan mengakibatkan proses antiaging berlangsung lebih cepat.

1 komentar:

uii profile said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

 

Followers

© 3 Columns Newspaper Copyright by Note of Diary | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks